Bola Internasional

Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Berkat Kejeniusan Shin Tae-yong

Senin, 16 Mei 2022 08:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. Copyright: © PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 tampil ciamik ketika menghadapi Myanmar dalam laga pamungkas penyisihan Grup A SEA Games 2021, Minggu (15/5/22). 

Bermain di Stadion Viet Tri, Vietnam, pasukan Shin Tae-yong mengatasi Myanmar dengan skor meyakinkan 3-1, semalam. Sebuah hasil yang sangat krusial bagi nasib mereka di SEA Games 2021.

Diketahui, Fachrudin Aryanto dkk. menunjukkan penampilan berbeda dari saat melibas Filipina di laga sebelumnya. Timnas Indonesia U-23 lebih agresif menekan Myanmar.

Disinggung soal ini, pelatih Shin Tae-yong mengaku telah menggunakan taktik dan strategi yang berbeda. Dia begitu jeli mengamati masing-masing kelemahan dari Filipina dan Myanmar.   

"Memang taktik lawan Filipina dan Myanmar berbeda," kata Shin Tae-yong selepas meloloskan timnas Indonesia U-23 ke semifinal SEA Games 2021.

"Kalau pemain Filipina memiliki postur baik tapi untuk gerakan balik badannya itu terlambat jadi manfaatkan ruang kosong belakang. Itulah alah kami bisa menang dengan skor besar," jelasnya.

Khusus melawan Myanmar, Shin Tae-yong berpatokan kepada hasil pengamatan ketika menyaksikan pertandingan kubu lawan kontra Vietnam beberapa waktu lalu.

"Kalau untuk analisa Myanmar, saya memang nonton pertandingan Vietnam. Mereka memang bagus dalam organisasi, tapi saya memberi taktik untuk pressing yang baik, dan berhasil," beber Shin Tae-yong.

"Sehingga, akhirnya kami mendapatkan kemenangan. Untuk taktik memang tergantung lawan seperti apa, taktik yang kami gunakan berbeda-beda," pungkas pelatih berpaspor Korea Selatan itu.