Bola Internasional

Timnas Indonesia U-23 Menang Atas Myanmar, Coach Justin: Finishingnya Jelek!

Senin, 16 Mei 2022 12:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Selebrasi para pemain Indonesia usai mencetak gol ke gawang Myanmar di fase penyisihan grup A SEA Games 2021. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Selebrasi para pemain Indonesia usai mencetak gol ke gawang Myanmar di fase penyisihan grup A SEA Games 2021. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 barangkali menang atas Myanmar di laga pamungkas Grup A SEA Games 2022, tapi masih banyak kritik yang dilontarkan Coach Justin.

Timnas Indonesia U-23 akhirnya melaju ke semifinal SEA Games 2022, setelah meraih kemenangan atas Myanmar dengan skor 3-1, di Viet Tri Stadium, Minggu (15/5/22).

Tiga gol dilesakkan masing-masing oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di awal babak pertama, kemudian dari Marselino Ferdinan di penghujung babak pertama.

Sebelumnya, Timnas Indonesia sempat kalah dari Vietnam, menang atas Timor Leste dan Filipina. Konversi poin cukup memuaskan dan bisa maju ke semifinal.

Namun, ada beberapa catatan yang turut dilontarkan oleh komentator dan pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin, untuk perbaikan Timnas Indonesia.

"Orang bilang Myanmar ini bagus, menang lawan Filipina, kalah 1-0 dari Vietnam, tapi menangnya cuma 3-2 lawan Timor Leste."

"Kita menguasai di 15-20 menit pertama, dan 20 menit jelang akhir babak pertama itu kita lebih bertahan, tetapi berkali-kali dapat counter attack," analisis dari Coach Justin.

"Kita melakukan counter attack dengan passing-passing yang berhasil, mendapat peluang, yang jelek adalah finishing-nya."

Bagi Coach Justin, Timnas Indonesia juga diuntungkan karena Myanmar juga punya finishing yang tidak maksimal. Maka, hal ini harus dibenahi sebelum main di semifinal. 

"Mereka tidak mendapatkan peluang sama sekali di babak kedua, kecuali satu gol, itu berkat skill individu, dan di detik-detik akhir ada satu peluang lagi, save dari Ernando.