In-depth

Mengintip Rekam Jejak Sepak Bola Bangladesh, Calon Lawan Uji Coba Timnas Indonesia

Kamis, 19 Mei 2022 19:53 WIB
Editor: Juni Adi
© Debajyoti Chakraborty/NurPhoto via Getty Images
Timnas Bangladesh di kualifikasi Piala Dunia. Copyright: © Debajyoti Chakraborty/NurPhoto via Getty Images
Timnas Bangladesh di kualifikasi Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Persepakbolaan negara Bangladesh rupanya memiliki rekam jejak yang cukup baik di kancang internasional. Seperti apa kisah lengkap calon lawan uji coba timnas Indonesia tersebut?

Teka-teki siapa lawan uji coba Timnas Indonesia dalam agenda FIFA Matchday akhirnya terjawab sudah.

Timnas Bangladesh resmi diumumkan akan menjadi lawan Skuad Garuda di laga uji coba pada bulan Juni mendatang.

Timnas Indonesia akan menjamu Bangladesh pada Rabu, 01 Juni 2022 mendatang di Stadion Si Jalak Harupan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pertandingan ini menjadi salah satu persiapan Timnas Indonesia untuk mengukur kekuatan, sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan dimulai pada 08 Juni 2022 nanti.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Yordania, Kuwait dan Nepal. Negara-negara yang sulit untuk dikalahkan.

"InsyaAllah pertandingan Timnas melawan Bangladesh 1 Juni," kata Waksekjen PSSI, Maaike Ira Puspita kepada wartawan.

Selain itu, Timnas Indonesia bisa memanfaatkan laga ini untuk memperbaiki peringkat di ranking FIFA. Seperti diketahui, laga FIFA Matchday merupakan agenda resmi dan masuk dalam hitungan poin.

Pertandingan uji coba resmi agenda FIFA antara Timnas Indonesia vs Bangladesh sendiri sejatinya akan digelar pada awal tahun ini, Januari 2022.

Akan tetapi akhirnya harus batal, karena para pemain timnas Bangladesh banyak yang belum mendapat vaksin Covid-19.

Tercatat baru 10 pemain yang sudah mendapat vaksin dosis pertama, sementara rombongan timnas Bangladesh lebih dari angkat tersebut.

Belum lagi syarat masuk ke Indonesia saat itu adalah para pendatang dari luar negeri wajib sudah mendapat vaksin, minimal dosis pertama.

Selain itu, penyebab batalnya timnas Indonesia vs Bangladesh di awal tahun kemarin karena adanya masa karantina. 

Menurut Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pendatang dari luar negeri termasuk Bangladesh, wajib menjalani karantina selama tujuh hari. Sayangnya, Bangladesh agak keberatan untuk menjalani karantina tujuh hari.

Sebab, mereka awalnya menjanjikan baru tiba di Indonesia pada 20 Januari 2022, atau empat hari sebelum laga pertama.

"Itu sebabnya FIFA matchday melawan Bangladesh batal. Sulit untuk merealisasikannya dengan alasan beberapa pemain mereka yang belum vaksin,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam keterangan pers, Kamis (13/1/22).

Kegagalan tersebut membuat PSSI sempat mencari lawan lain di antaranya Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Nama terakhir akhirnya menjadi lawan uji coba Timnas Indonesia beberapa waktu lalu, dan kini di agenda uji coba selanjutnya, Bangladesh akhirnya bisa menjadi lawan resmi Skuad Garuda.

Lantas seperti apa kiprah sepak bola Bangladesh yang akan menjadi calon lawan timnas Indonesia? berikut ulasannya: