In-depth

Rapor Shin Tae-yong Selama Membesut Timnas Indonesia, Apakah Layak Dipertahankan?

Sabtu, 21 Mei 2022 06:25 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong diperkenalkan oleh PSSI di Stadion Pakansari pada Sabtu (28/12/19) lalu. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong diperkenalkan oleh PSSI di Stadion Pakansari pada Sabtu (28/12/19) lalu.

INDOSPORT.COM - Berikut rapor Shin Tae-yong selama ditunjuk sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia sejak 29 Desember 2019 lalu. Apakah dirinya layak untuk dipertahankan?

Seperti diketahui, sejak ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong langsung mendapatkan tugas berat karena harus mengawal skuat U-19, U-22, dan senior.

Tugas pertamanya yakni menangani Timnas Indonesia U-19 untuk mempersiapkan tim jelang ajang bergengsi Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia saat itu ditunjuk sebagai tuan rumah.

Namun sayang, para penggemar harus menunda melihat aksi para pemain Garuda Muda besutan pelatih asal Korea Selatan tersebut. Pasalnya, pandemi Virus Corona membuat Piala Dunia U-20 ditunda dan digeser pada 2023 mendatang.

Dihajar Vietnam dan UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Setelah tidak ada turnamen sepanjang 2021 karena pandemi, tugas berat langsung dijalani Shin Tae-yong dalam menahkodai Timnas Indonesia senior.

Tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadi turnamen resmi perdana eks pelatih Korea Selatan itu bersama skuat Garuda.

Ia sempat membuat kejutan saat membawa Timnas Indonesia mampu menahan imbang Thailand dengan skor imbang 2-2 pada 3 Juni 2022. Saat itu dua gol skuat Garuda dicetak oleh I Kadek Agung Widnyana dan Evan Dimas.

Setelah itu, publik dihebohkan dengan pertarungan skuat Garuda menghadapi Vietnam. Di mana dua pelatih asal Korea Selatan yakni Shin Tae-yong dan Park Hang-seo bakal saling beradu strategi.

Namun sayang, di laga itu Timnas Indonesia harus menjadi bulan-bulanan Vietnam dengan skor telak 0-4. Sementara di laga terakhir melawan UEA, mereka dibantai dengan skor 0-5.

Meski begitu, hasil buruk yang dialami oleh Egy Maulana Vikri dkk masih bisa dimaklumi oleh para penggemar karena Shin Tae-yong baru melatih dalam beberapa bulan saja.

Tagar percaya proses sempat ramai ditulis di media sosial Twitter ataupun Instagram untuk mendukung langkah Shin Tae-yong dalam memajukan sepak bola Indonesia.