In-depth

Irfan Karijowidjojo, Gelandang Berdarah Jawa dan Opsi Timnas yang Dikontrak Klub Liga Belanda

Selasa, 24 Mei 2022 14:26 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© instagram.com/adodenhaag/
Profil singkat serta perjalanan karier Irfan Karijowidjojo, sang gelandang muda berdarah Jawa sekaligus opsi Timnas Indonesia yang dikontrak klub Liga Belanda. Copyright: © instagram.com/adodenhaag/
Profil singkat serta perjalanan karier Irfan Karijowidjojo, sang gelandang muda berdarah Jawa sekaligus opsi Timnas Indonesia yang dikontrak klub Liga Belanda.

INDOSPORT.COM – Mengenal profil singkat serta perjalanan karier Irfan Karijowidjojo, sang gelandang muda berdarah Jawa sekaligus opsi Timnas Indonesia yang dikontrak klub Liga Belanda.

Dalam beberapa bulan terakhir, Timnas Indonesia melalui PSSI memang terlihat gencar mempersiapkan skuat Garuda yang bakal tampil di babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Salah satunya dengan segera merampungkan proses naturalisasi dua bintang keturunan Eropa, yakni Sandy Walsh serta Jordi Amat.

Teranyar, kedua pemain keturunan tersebut dikabarkan telah mendarat di Tanah Air untuk melengkapi proses administrasi perpindahan kewarganegaraan mereka.

Selain untuk persiapan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023, PSSI juga sedang serius membentuk tim junior yang bakal berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, bahwa Timnas Indonesia U-20 berkesempatan tampil di putaran final Piala Dunia U-20 dengan status sebagai tuan rumah.

Jelang event tersebut, Timnas Indonesia melalui jajaran PSSI melakukan scouting para pemain keturunan di Eropa agar bisa jadi bagian skuat Garuda.

Bahkan pada awal April lalu, Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani sempat bertemu dua pemain muda keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner dan Jim Croque.

Jika Ivar dan Jim bersedia membela Timnas Indonesia, maka mereka tidak perlu jalani naturalisasi. Keduanya hanya perlu menyatakan kesediaan dan mengurus KTP WNI seperti halnya Elkan Baggott karena masih di bawah 21 tahun.

Selain Ivar Jenner dan Jim Croque, ada satu lagi pemain muda Indonesia di Eropa yang mungkin bisa jadi pertimbangan PSSI untuk memperkuat skuat Merah Putih.

Adalah Irfan Karijowidjojo, gelandang berusia 16 tahun sempat mencuri perhatian saat tampil di kompetisi junior beberapa musim lalu, hingga akhirnya sukses mendapat kontrak profesional dari tim Liga Belanda.