In-depth

2 Raksasa Bulutangkis yang Pernah Jadi Korban Yeremia Rambitan

Rabu, 25 Mei 2022 22:05 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich YY Rambitan di SEA Games Vietnam 2021. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich YY Rambitan di SEA Games Vietnam 2021. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Yeremia Rambitan bersama pasangan ganda putranya, Pramudya Kusumawardana, pernah membuat kejutan di beberapa turnamen dengan mengalahkan nama-nama besar.

Dunia olahraga cabang bulutangkis Tanah Air baru-baru ini tengah dihebohkan, dengan kabar adanya salah satu pebulutangkis Indonesia yang melakukan pelecehan seksual dengan mengeluarkan kata-kata tak pantas.

Dia adalah Yeremia Rambitan. Aksi tak pantas itu dilakukan oleh spesialis ganda putra ini kepada seorang volunteer SEA Games 2021 lalu, usai memastikan diri merebut medali perak.

Kejadian ini bermula saat pasangan Pramudya Kusumawardhana itu melakukan siaran langsung atau live streaming di akun TikTok pribadinya.

Nampak tim bulutangkis Indonesia yang hendak kembali ke Tanah Air usai berlaga pun berpisah dengan para volunteer yang telah membantu mereka selama di Vietnam.

Para atlet termasuk Yeremia Rambitan pun menyampaikan salam perpisahan. Akan tetapi secara mengejutkan ia mengeluarkan kalimat kotor.

“I love you, I want f**k you,” kata Yeremia sambil tertawa. 

Sontak kalimat itu langsung membuat para pecinta bulutangkis Indonesia dan netizen Tanah Air kesal. Potongan insiden itu juga kemudian viral di media sosial, sehingga Yeremia Rambintan panen hujatan.

Bagaimana tidak, ucapan Yeremia sudah termasuk sebagai pelecehan seksual secara verbal meski konteksnya hanya sebuah candaan, apalagi jika tidak adanya consent dan bisa berbuntut menyakiti hati.

Tak lama kemudian, Yeremia Rambitan pun langsung menyampaikan permintaan maaf langsung lewat akun Instagram resmi PBSI.

Yeremia meminta maaf kepada pihak federasi PBSI, Komite Olimpiade Nasional (NOC) Indonesia dan para pecinta bulutangkis di Tanah Air.

“Halo semuanya, atas nama pribadi, saya Yeremia. Saya mohon maaf kepada PBSI, dan NOC Indonesia dan pecinta bulutangkis Indonesia,” kata Yeremia

Kasus pelecehan yang dialami Yeremia Rambitan tentu sedikit mencoreng namanya sebagai atlet bulutangkis. Pasalnya, karier dirinya tengah menanjak di dunia bulutangkis.

Ia bersama pasangan ganda putranya, Pramudya Kusumawardana, baru saja meraih medali perak SEA Games 2021 dan pernah menumbangkan beberapa nama kuat di sejumlah turnamen.