Liga Italia

Tiga Transfer Gratisan Terbaik, Juventus Jadi Klub Paling Untung

Rabu, 25 Mei 2022 05:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© 90min.com/Soccrates Images/Getty Images
Mantan Pelatih Juventus, Andrea Pirlo Copyright: © 90min.com/Soccrates Images/Getty Images
Mantan Pelatih Juventus, Andrea Pirlo

INDOSPORT.COM – Raksasa Italia, Juventus kerap menjadi raja pemain gratisan di bursa transfer. Namun, nama Robert Lewandowski jadi yang paling menyakitkan.

Bursa transfer musim panas 2021 diramaikan dengan beberapa pemain bebas transfer, seperti megabintang Argentina, Lionel Messi dan bek gaek timnas Spanyol, Sergio Ramos.

Lama menjadi musuh saat masing-masing membela Barcelona dan Real Madrid, Messi dan Ramos kemudian berada di kapal yang sama untuk membela Paris Saint-Germain.

Kasus hengkangnya pemain bintang kembali terjadi pada bursa transfer musim panas 2022, dengan Antonio Rudiger, Paul Pogba, dan Ousmane Dembele tak mendapatkan kontrak baru.

Tiga bintang ini akan membuat klub barunya beruntung, karena mendapatkan pemain berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra.

Ada beberapa klub yang beruntung mendapatkan pemain bintang gratisan, seperti dirangkum dalam pemaparan berikut, dilansir dari Planet Football.

Andrea Pirlo

Tak dapat dipungkiri, Juventus menjadi tim paling beruntung di dunia ketika mendapatkan sang metronom, Andrea Pirlo secara gratis pada 2011 dari AC Milan.

Pirlo kemudian mampu menjadi sosok sentral dalam keberhasilan Juventus menguasai Liga Italia dalam empat musim, dengan total bermain sebanyak 164 kali.

Hengkangnya Pirlo ke Juventus kemudian menjadi petaka buat AC Milan, karena mereka harus puasa gelar selama 11 tahun sebelum kembali juara Liga Italia pada musim 2021/2022.

Robert Lewandowski

Bayern Munchen selalu menjadi luka bagi pendukung Borussia Dortmund dengan mengambil nyaris semua pemain terbaiknya beberapa tahun silam