Bola Internasional

Diawali Zico, Pemain Asing di Liga Jepang Didominasi Pemain Asal Brasil

Jumat, 27 Mei 2022 19:46 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Pemain Kawasaki Frontale asal Brasil, Leandro Damiao. Copyright: © Dok. J-League
Pemain Kawasaki Frontale asal Brasil, Leandro Damiao.

INDOSPORT.COM - Brasil adalah produsen utama pemain asing di Meiji Yasuda J1 League 2022, dengan hampir semua tim memiliki pemain asing asal Negeri Samba.

Koneksi Brasil dengan sepak bola Jepang memang bisa dibilang sangat erat dan hal itu tercermin di gelaran J.League.

Dari 18 tim Meiji Yasuda J1 League 2021, hanya Urawa Red Diamonds yang tercatat tak memiliki pemain asal Brasil dalam skuad mereka.

Pemain asing Urawa Reds berasal dari Denmark (Alexander Scholz, Kasper Junker), Swedia (David Moberg Karlsson), dan Belanda (Alex Schalk).

Sedangkan dari 17 tim lainnya, total tercatat setidaknya ada 50 pemain berkebangsaan Brasil yang bermain di kasta teratas Liga Jepang musim ini.

Jumlah ini lebih banyak dua kali lipat jika dibandingkan pemain asing dari negara lainnya. Ada tim-tim yang hanya punya satu pemain asal Brasil seperti Sagan Tosu, Shonan Bellmare, dan Vissel Kobe.

Ada pula tim yang dipenuhi pemain Negeri Samba, dengan F.C.Tokyo, Kashima Antlers, Kashiwa Reysol, Shimizu S-Pulse, dan Yokohama F. Marinos masing-masing memiliki lima pemain asal Brasil.

Setelah liga profesional J.League dimulai pada 1993, sepak bola mulai digemari masyarakat Jepang yang sebelumnya lebih suka Baseball dan olahraga lainnya.