In-depth

Format Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Syarat Bila Timnas Indonesia Ingin Lolos

Jumat, 27 Mei 2022 04:16 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat hadapi Timor Leste di laga ujicoba, Kamis (28/01/22). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat hadapi Timor Leste di laga ujicoba, Kamis (28/01/22). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Berikut format Kualifikasi Piala Asia 2023, di mana Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong telah lolos ke babak ketiga dan tergabung ke dalam Grup A.

Sebagaimana diketahui, Kualifikasi Piala Asia 2023 sebelumnya digabung dengan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sudah ada 13 tim yang sudah lebih dulu lolos.

Mereka yaitu tuan rumah China, Australia, Iran, Irak, Jepang, Korea Selatan, Lebanon, Oman, Qatar, Arab Saudi, Suriah, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Timnas Indonesia yang sempat menjadi juru kunci Grup G babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 sempat menghadapi Taiwan di babak play-off.

Beruntung, pasukan Shin Tae-yong mampu menang dengan agregat 5-1 atas Taiwan dan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka kemudian tergabung ke dalam Grup A bersama Nepal, Yordania dan tuan rumah Kuwait.

Total ada 24 tim yang lolos ke ronde ini dan memperebutkan 11 tiket terakhir ke Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di China.

Bila ingin lolos, Timnas Indonesia harus mampu menjadi juara Grup A, atau kalau tidak mereka harus mampu masuk ke dalam lima runner up terbaik.

Situasi pandemi COVID-19 yang masih belum reda membuat format babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang semula digelar dalam 6 pertandingan dengan sistem kandang dan tandang, diubah menjadi terpusat ke dalam satu tempat.

Jelang terbang ke Kuwait, Timnas Indonesia akan menantang Bangladesh di laga uji coba bertajuk FIFA Matchday pada Rabu (01/06/22 mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong telah memanggil 29 pemain untuk menghadapi Bangladesh, termasuk ada sosok Elkan Baggott dan Pratama Arhan.