In-depth

4 Bintang Dunia Jebolan Turnamen Toulon yang Akan Diikuti Timnas Indonesia U-19

Sabtu, 28 Mei 2022 17:10 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Toulon Tournament. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Toulon Tournament.

INDOSPORT.COM - Turnamen Toulon yang akan diikuti Timnas Indonesia U-19, merupakan salah satu kompetisi sepak bola usia muda yang cukup bergengsi karena sering melahirkan banyak pemain top dunia.

Timnas Indonesia U-19 tengah bertolak ke Prancis, untuk mengikuti turnamen bergengsi Toulon yang kini bernama Maurice Revello Torunament 2022.

Turnamen Toulon sendiri merupakan salah satu turnamen bergengsi bagi tim usia muda, yang bisa diikuti oleh sejumlah negara di dunia. 

Turnamen Toulon 2022 ini merupakan edisi ke-48 yang akan digelar di Bouches-du-Rhone, Prancis, pada 29 Mei hingga 12 Juni 2022 mendatang.

Indonesia mengirim wakilnya untuk berkompetisi dengan menerbangkan Timnas Indonesia U-19. Namun kali ini Skuad Garuda Muda tidak didampingi oleh pelatih Shin Tae-yong.

Sebab Shin Tae-yong saat ini tengah fokus untuk mempersiapkan Timnas Indonesia senior, jelang melakoni laga uji coba dengan Bangladesh.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong mendelegasikan asistennya, Dzenan Radoncic dan Bima Sakti untuk mendampingi tim di Turnamen Toulon.

Sebelum bertolak ke Prancis, Timnas Indonesia U-19 sudah melakoni sejumlah persiapan.

Di antaranya menggelar pemusatan latihan yang sudah rampung pada 16 Mei 2022 lalu, dan juga melakukan pertandingan uji coba dengan Tira Persikabo dan Persita Tangerang.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-19 mendapatkan satu hasil imbang saat bermain 1-1 kontra Persita dan satu kekalahan kala menghadapi Persikabo (1-3). 

Rentetan hasil positif yang diraih selama persiapan, membuat pelatih Dzenan Radoncic merasa puas.

“Mereka dalam kondisi sangat bagus. Karena saat saya instruksikan mereka untuk menekan lawan dengan garis tinggi, mereka melakukannya,” ujar Dzenan Radoncic dilansir dari situs resmi PSSI.

“Saya kira mereka dalam kondisi sangat bagus, bahkan ada yang bermain sepanjang pertandingan,” kata dia.

“Walau saya memberikan kesempatan semua pemain untuk main. Kami bekerja dengan baik,” tambahnya lagi.

Turnamen Toulon akan menjadi pengalaman yang bagus untuk para pemain Timnas Indonesia U-19, yang bersiap untuk melakukan Kualifikasi Piala Asia U-17 dan Piala Dunia U-20 2023 mendatang di Indonesia.

Apalagi Turnamen Toulon 2022 kali ini juga masih akan dimeriahkan oleh sejumlah wonderkid, yang siap menjadi pemain bintang di sepak bola dunia.

Salah satunya adalah Alejandro Garnacho (Manchester United) dan Luka Romero (Lazio), yang akan memperkuat Timnas Argentina U-20.

Bergulir sejak 1967, ada banyak pemain jebolan Turnamen Toulon yang muncul sebagai pemain top dunia. Lantas, siapa saja nama peman yang dimaksud?