Siap Perkuat Timnas Indonesia, Pemain Naturalisasi Shayne Pattynama Pamer Bicara Bahasa Jawa

Rabu, 1 Juni 2022 14:38 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama unjuk kebolehan melafalkan bahasa Jawa halus saat jalani tes medis demi keperluan naturalisasi sebelum bisa membela timnas Indonesia. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama unjuk kebolehan melafalkan bahasa Jawa halus saat jalani tes medis demi keperluan naturalisasi sebelum bisa membela timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Shayne Pattynama tiba di Indonesia untuk menuntaskan proses naturalisasinya sejak Senin (30/05/22) lalu dan banyak hal yang harus ia lakukan.

Salah satunya adalah tes medis guna menguji kelayakannya menjadi pemain timnas Indonesia nantinya.

Sebelumnya juga ada kunjungan ke kedutaan besar Belanda, negara kelahiran sang sayap kiri, juga wawancara tertutup bersama Badan Intelejen Negara.

Pengecekan pada jasmani Pattynama dilakukan setelah sehari ia mendarat di Jakarta dan Rumah Sakit Royal Progress menjadi pilihan PSSI untuknya.

Dokter yang memeriksa rupanya tahu siapa Shayne Pattynama dan sang pemain milik Viking FK tersebut langsung diajak membuat konten media sosial.

Tidak tanggung-tanggung, sang praktisi kesehatan meminta pada pria 23 tahun itu untuk melafalkan kalimat bahasa Jawa halus alias kromo yang terbilang panjang.

Akan tetapi Pattynama rupanya tidak menemui kesulitan sama sekali dan terlihat lancar mengucapkan meski dialek Belanda miliknya masih terdengar jelas.

"Wilujeng siang. Nami kula Mas Ganteng Shayne. Siang menika kula bade cek kesehatan wonten Rumah Sakit Royal Progres. Kula siap bergabung wonten PSSI Garuda. Matur sembah nuwun," beber Shayne Pattynama.

"Selamat siang, nama saya mas ganteng Shayne. Siang ini saya mau cek kesehatan di rumah sakit Royal Progres. Saya siap untuk bergabung dengan PSSI Garuda. Terimakasih." begitulah kira-kira arti dari kalimat yang diucapkan pemain keturunan Maluku tersebut.