Bola Internasional

Timnas Indonesia Diimbangi Bangladesh, Pengamat: Evaluasi Shin Tae-yong!

Kamis, 2 Juni 2022 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Akmal Marhali buka suara terkait hasil negatif Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong saat bersua Bangladesh di laga uji coba FIFA Match Day, Rabu (01/06/22).

Timnas Indonesia hanya bisa meraih hasil imbang 0-0 dalam laga uji coba melawan Bangladesh. Tak ada gol yang tercipta saat laga ini digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Padahal, laga ini merupakan persiapan pasukan Shin Tae-yong jelang menghadaoi putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Dengan hasil ini, banyak yang sangsi jika Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia. Apalagi lawan di kualifikasi nanti adalah tim-tim kuat, salah satunya Yordania dan tuan rumah Kuwait.

Hasil ini juga menjadi sorotan, mengapa pelatih Shin Tae-yong tak bisa membawa Timnas Indonesia menang atas Bangladesh.

Padahal, ranking Indonesia berada jauh di atas Bangladesh. Indonesia kini di posisi 159, sementara Bangladesh di urutan 188. Koordinator Save Our Soccer (SOS) dan pengamat sepak bola, Akmal Marhali kini menuntut untuk evaluasi Shin Tae-yong.

"Langkah pertama yang harus dilakukan adalah evaluasi total, mulai dari pemain sampai pelatih dan manajemen Timnas."

"Sudah 2,5 tahun lebih ditangani Shin Tae-yong, Timnas senior belum kelihatan filosofi dan karakter permainannya," ujar Akmal.

"Passing lemah, kontrol payah, akurasi tembakan juga tidak akurat, ditambah lemah dalam reading the games," jelas koordinator Save Our Soccer tersebut.