In-depth

3 Kekurangan Timnas Indonesia di Laga Kontra Kuwait yang Harus Diperbaiki Sebelum Melawan Yordania

Kamis, 9 Juni 2022 16:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Selebrasi pemain Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Timor Leste di SEA Games 2021. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Selebrasi pemain Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Timor Leste di SEA Games 2021. Foto: PSSI
1. Hobi Buang-buang Peluang

Hobi buang-buang peluang nampaknya masih menjadi penyakit menahun Timnas Indonesia sehingga masih terlihat di laga melawan Kuwait.

Di laga itu, Timnas Indonesia memang bisa mencetak dua gol. Namun dua gol itu berasal dari kesalahan Kuwait di dalam kotak penalti.

Sejatinya, Timnas Indonesia bisa saja mencetak gol yang berasal dari skema permainan sendiri. Banyak peluang tercipta dari Build Up yang apik.

Namun setiap peluang itu hanya berujung pada tendangan ke gawang. sebagai contoh, peluang Witan Sulaeman saat tinggal berhadapan dengan kiper, dan sepakan Marc Klok yang berasal dari Back Heel Stefano Lilipaly.

Andai peluang-peluang itu bisa dikonversi menjadi gol, Timnas Indonesia tak perlu repot-repot bertahan di sisa waktu pertandingan dan bisa mengimbangi penguasaan bola Kuwait.

Kesalahan ini harus segera diperbaiki sebelum melawan Yordania yang secara peringkat dan kualitas jauh lebih baik dari Kuwait.