Bola Internasional

Shin Tae-yong Tangani Timnas U-20, Coach Justin: Harusnya PSSI yang Ikuti Pelatih!

Minggu, 12 Juni 2022 16:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Beberapa waktu terakhir, viral pernyataan Ketua Umum PSSI yang meminta Shin Tae-yong hanya melatih Timnas Indonesia U-20. Begini reaksi Coach Justin.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menilai Shin Tae-yong meleset dari target yang diharapkan, lantaran terlalu banyak menangani Timnas dan tidak fokus.

Shin Tae-yong menangani Timnas senior, Timnas U-23, sekaligus Timnas U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Yang lebih menggemparkan, PSSI merilis pernyataan ini saat Shin Tae-yong tengah berjuang membawa Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Konon, PSSI sudah melakukan voting, dan 10 dari 12 Exco PSSI sepakat jika pelatih asal Korea itu hanya akan menangani Timnas U-20 sekembali dari Kuwait.

Terang saja, kontroversi PSSI ini membuat media sosial heboh, sehingga netizen pun bereaksi, termasuk pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin.

Menurutnya, langkah yang tepat jika PSSI mau membuat program satu pelatih satu Timnas, tidak semua milik Shin Tae-yong.

Namun, Coach Justin tidak sepakat jika Shin Tae-yong justru melatih Timnas U-20, bukan Timnas senior yang harusnya jadi prioritas.

"Timnas U-20 itu hanya satu event, berapa tahun ke depan, kalau ada Piala Dunia U-20 lagi, pemainnya ganti," ucap Coach Justin.

"Gue nggak bilang itu nggak penting, itu penting, tapi kenapa harus Shin Tae-yong, bukan pelatih lain. Gue lebih sepakat Shin Tae-yong di tim utama," lanjut Justin lagi.