Bola Internasional

Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia, Begini Pernyataan Keras Shin Tae-yong

Jumat, 17 Juni 2022 03:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Fachruddin Aryanto saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22), menjelang FIFA Matchday, Rabu (01/06/22). Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Fachruddin Aryanto saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22), menjelang FIFA Matchday, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Dia lantas memberikan peringatan keras ke para pemain.

Shin Tae-yong jadi pelatih pertama sejak 2004 (tidak dihitung mulai 2007 karena saat itu Indonesia dapat jatah tuan rumah) yang bisa bawa skuad Garuda ke babak utama Piala Asia.

Timnas Indonesia melaju ke Piala Asia 2023 setelah jadi satu diantara lima runner-up terbaik di babak kualifikasi. Tim asuhan Shin Tae-yong itu menempati peringkat kedua Grup A, dengan mengoleksi enam poin.

Penampilan di Piala Asia tahun depan merupakan yang kelima bagi tim Merah Putih. Sebelumnya, Indonesia sudah empat kali lolos yakni 1996, 2000, 2004 dan 2007. 

Menyoal kesuksesan bawa Indonesia ke Piala Asia 2023, Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih atas kerja keras pemain dan semua pihak yang terlibat, baik langsung maupun tidak.

"Pertama-tama sangat terima kasih kepada para pemain  yang bekerja keras sehingga bisa lolos ke Piala Asia kali ini," kata Shin Tae-yong saat tiba di Bandara Soetta, Kamis (16/06/22). 

"Terima kasih juga atas dukungan PSSI dan teman-teman suporter, juga yang menjemput di sini," imbuhnya. 

Meski sudah wujudkan keinginan masyarakat Indonesia yang rindu melihat Timnas Indonesia di Piala Asia, Shin Tae-yong tetap berikan peringatan buat para pemain.

Mereka tidak boleh terlalu lama larut dalam euforia, tidak boleh cepat puas dan harus meningkatkan kualitas individu. 

"Tapi kami tidak hanya puas di sini saja, kedepannya kami akan bekerja lebih keras di Piala Asia nanti," ujar pelatih 52 tahun itu.