Bola Internasional

Timnas Indonesia ke Piala Asia, Coach Justin: Nepal Ketemu Persis Solo juga Dibantai

Jumat, 17 Juni 2022 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akhirnya lolos ke Piala Asia 2023. Hal ini dipastikan saat skuat Garuda menaklukkan Nepal di kualifikasi, Rabu (15/06/22) dini hari WIB.

Setelah sukses mengalahkan Kuwait, lalu takluk dari Yordania, di luar dugaan, Timnas Indonesia berhasil menjegal Nepal dengan skor telak 7-0. Garuda pun berpesta pora.

Gol masing-masing dicetak Dimas Drajad (6'), Witan Sulaeman (43', 81'), Fachrudin Aryanto (54'), Saddil Ramdani (55'), Elkan Baggott (80'), dan Marselino Ferdinan (90').

Timnas Indonesia memimpin 2-0 di babak pertama. Padahal, menurut komentator dan pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin, Timnas bermain buruk.

Terutama di kedua wing back, Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam yang kerap terlambat menutup ruang tembak Nepal.

"Di 18 menit pertama, banyak sekali salah passing, asli banyak banget. Bahkan, Arhan dan Asnawi pun nyaris jebol," ucap Coach Justin melalui unggahannya di Youtube.

"Tapi beruntung lawannya Nepal. Nepal itu kalau ketemu Persis Solo dibantai juga kayaknya, amburadul banget," imbuhnya.

Tak hanya Coach Justin yang geregetan, ia menduga pelatih Shin Tae-yong juga kesal dengan peluang Timnas yang terbuang, dan mengevaluasi anak asuhnya saat jeda laga.

Terbukti, memasuki babak kedua, Timnas Indonesia memberikan permainan yang berbeda, sehingga banyak gol tercipta.

"Feeling gue, Shin Tae-yong ngamuk di ruang ganti pas half time. Sudah lawan 10 orang, nggak bisa memanfaatkan kelebihan pemain itu, terlalu nafsu, grasak-grusuk."