Bola Internasional

Elkan Baggott Sanjung Kejeniusan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Desak Iwan Bule dan PSSI?

Senin, 20 Juni 2022 03:13 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Shin Tae-yong dianggap Elkan Baggott cocok menangani timnas Indonesia karena serius dalam bekerja meski PSSI dan Iwan Bule sempat ingin mendepaknya. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Shin Tae-yong dianggap Elkan Baggott cocok menangani timnas Indonesia karena serius dalam bekerja meski PSSI dan Iwan Bule sempat ingin mendepaknya.

INDOSPORT.COM - Dukungan untuk Shin Tae-yong agar terus menjadi pelatih timnas Indonesia senior tidak hanya disampaikan oleh fans Merah-Putih saja.

Para pemainnya seperti Elkan Baggott pun mengakui jika juru taktik asal Korea Selatan itu pantas mempertahankan jabatannya yang sempat terancam dicabut oleh ketua PSSI, Iwan Bule.

Baggott mengemukakan jika Shin Tae-yong adalah peracik strategi yang andal. Analisis yang ia lakukan begitu detail hingga memudahkan pemain untuk memahaminya.

Saat memimpin sesi pertemuan, Shin Tae-yong berusaha sebaik mungkin untuk tidak melewatkan satu pun pembahasan demi mengeluarkan performa terbaik anak-anak asuhnya.

Sekalipun ada jurang perbedaan bahasa namun prestasi tetap bisa diraih timnas Indonesia di bawah arahannya.

Terbaru Tim Garuda sukses menembus putaran final Piala Asia 2023 setelah lolos dari kualifikasi ronde ketiga yang digelar pekan lalu.

Timnas Indonesia melewati hadangan Kuwait, Yordania, dan Nepal untuk mengunci satu tiket kompetisi yang sudah tidak mereka ikuti selama 15 tahun dan Baggott punya peran besar di sana.

"Menurut saya, (Shin Tae-yong) adalah pelatih yang sangat runut. Contohnya saja ketika ia melakukan meeting analisis dan semua detail didiskusikan," beber Elkan Baggott pada PSSI TV.

"Itu bagus karena tandanya ia ingin pemain bermain dengan optimal. Dengan juga lebih mudah untuk menjalankan instruksi di lapangan," tambah pemain akademi Ipswich Town tersebut.