Bola Internasional

Shin Tae-yong Bisa Mudik, Piala Asia 2023 Berpeluang Dihelat di Korea Selatan

Selasa, 21 Juni 2022 19:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Shin Tae-yong berpeluang untuk membawa Timnas Indonesia berprestasi di negara asalnya usai Korea Selatan mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Shin Tae-yong berpeluang untuk membawa Timnas Indonesia berprestasi di negara asalnya usai Korea Selatan mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Asia, AFC, saat ini masih sibuk mencarikan tuan rumah baru untuk ajang Piala Asia 2023 usai China mengundurkan diri.

Negara asal pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakni Korea Selatan berpeluang untuk jadi penggantinya usai menyatakan siap mengajukan diri.

Untuk saat ini negara-negara yang sudah diketahui punya minat yang sama adalah Jepang, Qatar, Uni Emirat Arab, dan juga Australia namun Korsel tidak takut bersaing dengan.

AFC sudah mengumumkan jika penerimaan proposal untk menjadi tuan rumah baru Piala Asia 2023 sudah dibuka sejak 20 Juni 2022 dan baru akan ditutup 40 hari setelahnya.

Nantinya semua tawaran yang terkumpul akan dipertimbangkan masak-masak oleh komite eksekutif AFC dan hasilnya akan diumumkan pada Oktober tahun ini.

Dilansir dari Newsis, Korsel sudah mulai menyusul proposal mereka karena infrastruktur sepak bola yang sangat memadai untuk menggelar Piala Asia 2023.

AFC mensyaratkan stadion yang digunakan untuk fase grup hingga perempat final minimal berkapasitas 20 ribu tempat duduk dan naik 100 persen saat memasuki empat besar.

Untuk final, AFC kembali menaikkan standar kapasitas menjadi 50 ribu dan Korea Selatan lebih dari sekadar mampu untuk menyanggupi itu semua.

Negeri Gingseng punya lebih dari 40 stadion yang berhak menyelenggarakan babak grup dan perempat final dan tujuh untuk semi final.

Sementara itu untuk menggelar partai puncak Piala Asia 2023 ada empat arena yang bisa dipilih. Yang terbesar jelas Seoul Olympic Stadium yang dapat menampung nyaris 70 ribu orang.