Bursa Transfer

Gara-gara Transfer Darwin Nunez, Liverpool Bisa Kena Masalah di Liga Inggris

Rabu, 22 Juni 2022 21:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Reuters/Matthew Childs
Liverpool saat ini hampir mendekati ambang batas jumlah pemain yang diatur Liga Inggris dan kedatangan Darwin Nunez bisa menghambat mereka di bursa transfer. (Reuters/Matthew Childs) Copyright: © Reuters/Matthew Childs
Liverpool saat ini hampir mendekati ambang batas jumlah pemain yang diatur Liga Inggris dan kedatangan Darwin Nunez bisa menghambat mereka di bursa transfer. (Reuters/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Liverpool tampaknya harus berhati-hati dalam manuver mereka pada bursa transfer kali ini apabila tidak mau melanggar aturan yang ditetapkan oleh Liga Inggris.

Kedatangan Darwin Nunez tempo hari membuat jumlah pemain mereka menjadi 24 pemain untuk sementara ini sementara aturan liga hanya membolehkan 25 pemain tiap musim.

Jumlah tersebut jelas masih aman karena belum melewati ambang batas. Namun kemungkinan besar agenda The Reds di pasar pemain belum selesai.

Mereka masih dihubungkan dengan sejumlah nama-nama top seperti Nicolo Barella, Marco Asensio, hingga Ilkay Gundogan. Jika ketiga pemain tersebut semuanya sukses didatangkan maka masalah akan muncul.

Tidak hanya melanggar jumlah anggota skuat yang diatur Liga Inggris, Liverpool juga melanggar aturan jumlah pemain non-homegrown.

Apa itu homegrown? Homegrown ialah pemain dari negara manapun yang menerima pelatihan sepak bola selama minimal tiga tahun sebelum usianya menginjak 21 tahun.

Di Liga Inggris, pemain homegrown wajib ada di setiap klub. Bahkan FA selaku federasi Inggris menetapkan bahwa tidak boleh ada lebih dari 17 pemain di tiap tim yang berstatus bukan homegrown.

Liverpool patut waspada. Pasalnya setelah adanya Nunez kini pemain non-homegrown mereka sudah pas berjumlah 17 orang dan praktis butuh perencanaan lagi sebelum kembali belanja.

Apalagi baik Asensio, Gundogan, atau Barella sama sekali tidak ada yang homegrown. Merseyside Merah harus melepas dulu sejumlah pemain mereka untuk bisa memberi ruang bagi ketiganya.