In-depth

Dari Cadangan Mati Hingga Legenda Hidup: 5 Bintang Afrika Pendahulu Sadio Mane di Bayern

Kamis, 23 Juni 2022 09:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© REUTERS/Andreas Gebert
Sadio Mane resmi dibeli Bayern Munchen dari Liverpool. Berikut 5 pemain Afrika pendahulunya di Die Roten, mulai dari si cadangan mati hingga sang legenda hidup. (REUTERS/Andreas Gebert) Copyright: © REUTERS/Andreas Gebert
Sadio Mane resmi dibeli Bayern Munchen dari Liverpool. Berikut 5 pemain Afrika pendahulunya di Die Roten, mulai dari si cadangan mati hingga sang legenda hidup. (REUTERS/Andreas Gebert)

INDOSPORT.COMSadio Mane resmi dibeli Bayern Munchen dari Liverpool. Berikut 5 pemain Afrika pendahulunya di Die Roten, mulai dari si cadangan mati hingga sang legenda hidup.

Saga transfer Sadio Mane akhirnya berakhir. Bintang asal Senegal itu resmi diboyong raksasa Liga Jerman, Bayern Munchen, dari Liverpool.

Kepindahan Mane ke Bayern pun telah diumumkan secara resmi oleh klub berjuluk Die Roten tersebut. Sang winger diboyong dengan biaya 32 juta euro, ditambah sejumlah bonus, sehingga bisa mencapai 41 juta euro di masa depan.

Mane diikat kontrak berdurasi 3 tahun hingga Juni 2025, dan menjadi rekrutan ketiga Bayern di bursa transfer musim panas ini setelah Noussair Mazraoui dan Ryan Gravenberch.

Kedatangan Mane pun makin memperbesar peluang kepergian Robert Lewandowski yang dibidik Barcelona dan Chelsea, meski manajemen klub ngotot mempertahankan bomber Polandia itu seiring kontraknya yang masih tersisa satu tahun.

Sadio Mane sendiri sebelumnya menghabiskan 6 musim bersama Liverpool, usai diboyong dari Southampton pada musim panas 2016.

Ia mencatatkan 269 penampilan untuk Liverpool dalam periode tersebut dan mencetak 120 gol serta 48 assist. Mane juga membantu The Reds meraih sejumlah gelar, yakni masing-masing 1 trofi Piala FA, Piala Liga Inggris, Liga Champions, Liga Inggris, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Di sisi lain, Bayern Munchen dikenal cukup sering memboyong pemain asal benua Afrika. Salah satu rekrutan baru pun berasal dari Maroko yakni Noussair Mazraoui, dan di skuat saat ini pun ada satu kompatriot Mane dari Senegal.

Meski demikian, kesuksesan para pemain Afrika pendahulu Sadio Mane di skuat Die Roten terbilang cukup bervariatif.

Dari nama-nama itu, ada yang hanya menjadi penghangat bangku cadangan, namun ada pula yang bergelimang gelar dan menjadi salah satu legenda hidup klub. Berikut ini 5 pemain Afrika yang pernah membela Bayern Munchen sebelum Sadio Mane.