Bola Internasional

Ngeri Nobar Piala Dunia 2022 Bisa Dilaporkan Meski di Pos Ronda

Kamis, 23 Juni 2022 18:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Dunia 2022 akan segera berlangsung akhir tahun ini, tetapi para penikmat nonton bareng mesti berhati-hati karena hal ini. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Dunia 2022 akan segera berlangsung akhir tahun ini, tetapi para penikmat nonton bareng mesti berhati-hati karena hal ini.

INDOSPORT.COM - Panggung pesta sepak bola terbesar dunia, Piala Dunia 2022, akan segera berlangsung akhir tahun ini. Namun siapa sangka, tak sembarangan bisa menikmati hajat besar sepak bola ini.

Perhelatan Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada November mendatang di Qatar. Seluruh timnas terbaik dari penjuru dunia akan saling unjuk kebolehan menjadi yang terbaik. 

Tentu pesta sepak bola dunia sudah dinantikan oleh pencinta sepak bola di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun untuk menikmati pertandingan Piala Dunia tidak akan bisa sembarangan. 

Sebab SCM (Surya Citra Mandiri) yang berada di bawah naungan EMTEK Grup sebagai pemegang hak siar menegaskan tidak boleh sembarangan menggelar nonton bareng. Sebab selaku pemegang hak siar akan ada ancaman pidana bagi siapapun yang sengaja menggelar kegiatan nonton bareng.

Untuk mengawasi terkait permasalahan hak siar ini, SCM menunjuk Indonesia Entertainment Grup (IEG) selaku mitra resmi pengelolaan hak penyelenggaraan kegiatan Nobar.

"Jadi untuk yang namannya Nobar Anda mau menarik iuran atau tidak narik iuran itu harus meminta izin," ucap Hendy Lim selaku Direktur IEG.

Memang Hendy menegaskan untuk kegiatan Nobar di rumah tidak akan menjadi masalah. Yang menjadi permasalahan adalah kegiatan nobar di luar rumah seperti kafe, tempat hiburan maupun pos ronda.

"Kadang di medsos, saya tidak tahu serius atau tidak, 'jika saya kumpul-kumpul dengan teman di rumah, boleh gak?' ya bolehlah. Kita juga bukan orang sampe maniak begitu," jelas Hendy.

"Misalnya kamu kumpul-kumpul sama temen kamu di rumah, ya bolehlah, sekeluarga nonton, justru diimbau."

"Tapi kalau kamu udah kumpulin massa, berapapun jumlahnya dan di tempat umum, narik bayaran atau tidak, tetap harus izin," tegas Hendy.

Sementara itu, Direktur SCM Imam Sudjarwo cukup bangga mendapat kepercayaan menayangkan kegiatan Piala Dunia sejak awal hingga babak final. "Kami bangga dapat terus menghadirkan berbagai kompetisi olahraga yang paling populer di Tanah Air maupun dunia," tutup Imam Sudjarwo.