Liga Indonesia

Presiden Jokowi Dukung PSSI Ajukan Tuan Rumah Piala Asia 2023

Selasa, 28 Juni 2022 18:59 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali memberikan lampu hijau kepada PSSI untuk ikut biding tuan rumah Piala Asia. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali memberikan lampu hijau kepada PSSI untuk ikut biding tuan rumah Piala Asia. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - PSSI mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Selasa (28/06/22). Kabar mengenai keinginan PSSI menjadi tuan rumah Piala Asia dikabarkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Bahkan Amali mengatakan bahwa untuk mengajukan tuan rumah Piala Asia 2023 PSSI sudah bertolak ke kantor AFC untuk mengajukan surat resmi akan permohonan ini.

"Ada permintaan dari PSSI untuk kita mau mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia," ucap Zainudin Amali.

"Hari ini mereka (PSSI) akan ke AFC yang diwakili Waketum dan Sekjen untuk mengajukan surat pengajuan menjadi tuan rumah," tambah Zainudin Amali.

Zainudin Amali pun mengatakan bahwa permohonan ini sudah diajukan kepada Presiden Joko Widodo. Bahkan Presiden Jokowi memberikan lampu hijau terkait niat PSSI untuk mengajukan tuan rumah Piala Asia.

"Apa yg disampaikan PSSI kepada saya kemudian saya laporkan ke Pak Presiden apakah diizinkan tidak kita mengajukan diri menjadi tuan rumah?."

"Bapak Presiden menyampaikan kepada saya silakan mengajukan diri untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah," jelas Zainudin Amali.

Sebelumnya, gelaran Piala Asia 2023 direncanakan berlangsung di China. Namun China mengundurkan diri lantaran masih fokus pada penanganan pandemi Covid-19.

AFC lalu menawarkan kesempatan pada 24 negara yang telah lolos ke Piala AFC untuk mengajukan diri jadi tuan rumah. Sejumlah negara pun maju mengajukan diri seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, dan juga Qatar yang merupakan tuan rumah Piala Dunia 2022.

Batas pengajuan proposal tuan rumah Piala Asia adalah pada 30 Juni mendatang. Gelaran Piala Asia rencananya dilangsungkan pada 16 Juni hingga 16 Juli mendatang.

Timnas Indonesia sendiri sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Skuad Garuda lolos dengan predikat runner-up grup A mendampingi Yordania sebagai juara grup.