Liga Indonesia

Didukung Presiden, PSSI Resmi Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Rabu, 29 Juni 2022 14:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
PSSI secara resmi mengajukan diri untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
PSSI secara resmi mengajukan diri untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM - PSSI secara resmi mengajukan diri untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Hal itu dilakukan setelah dapat lampu hijau dari pemerintah, baik Menpora bahkan Presiden RI, Joko Widodo

Seperti diketahui, Piala Asia 2023 seharusnya digelar di China pada 16 Juni-16 Juli tahun depan. Tapi, negara tersebut mengundurkan diri karena kasus covid-19 yang meningkat.

AFC pun lantas menawarkan ke 24 negara peserta Piala Asia 2023 untuk jadi tuan rumah (ada opsi tuan rumah bersama). Tenggat waktunya hingga 15 Juli 2022 untuk melengkapi persyaratan.

PSSI sebelumnya masih mengkaji untuk ikut bidding Piala Asia 2023. Pasalnya,  penyelenggaraan kejuaraan itu berdekatan dengan event Piala Dunia U-20 yang juga dimainkan di Indonesia.

Namun, setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI memutuskan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah.

"Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. 

"PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali  yang telah mendukung rencana ini," lanjutnya. 

“Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin,’’ imbuh Ketum PSSI.