In-depth

Kiprah Tyrell Malacia, Bek Muda Belanda yang Jadi Pembelian Perdana Ten Hag di Man United

Rabu, 29 Juni 2022 11:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bek muda Feyenoord, Tyrell Malacia, yang akan jadi pembelian pertama Manchester United dan Erik ten Haag. (Foto: [email protected])
Andal dalam Menyerang

Layaknya Wing Back kenamaan dunia lainnya, Tyrell Malacia merupakan pemain bertipikal menyerang. Laman Whoscored mendeskripsikan dirinya andal dalam dribel, mengoper, dan menjaga bola.

Catatan Malacia dalam menyerang pun terbilang menarik, yang membuatnya sebagai salah satu Attacking Fullback terbaik di Belanda.

Di Eredivisie atau Liga Belanda, Malacia rata-rata melepaskan 1,6 tembakan, melepaskan 1,1 umpan kunci, dan melakukan dribel sebanyak 1,6 kali per pertandingan.

Catatan-catatan itu pun membuatnya menjadi pemain bertipe Attacking Minded yang gemar melakukan tusukan.

Sayangnya kemampuan dalam menyerang ini tak sepadan dengan kemampuannya bertahan. Malacia terkesan sebagai bek yang sangat mudah dilewati lawan.

Whoscored mencatat, Malacia setidaknya sebanyak 0,9 kali dilewati oleh lawan. Selain itu, ia juga kerap melanggar lawan denan catatan 2,5 pelanggaran per laga.

Banyaknya pelanggaran tercipta ini tak lepas dari kegemaran Malacia dalam melakukan tekel, di mana ia melancarkan rata-rata 2,7 tekel per laga.

Dengan kata lain, jelas bahwa Erik ten Hag dan Man United mendatangkannya agar menjadi penunjang serangan dari sisi kiri.

Di musim lalu, Luke Shaw dan Alex Telles dianggap kurang dalam membantu serangan, terutama dari sisi kiri penyerang Man United.

Dengan harga hanya 17 juta poundsterling saja, jelas Malacia akan menjadi pembelian cerdas bagi Man United dan Ten Hag saat ini.

Bisa jadi nantinya dirinya akan menjadi poros serangan Man United dari lini belakang, untuk membantu Jadon Sancho yang juga menempati pos winger kiri.