In-depth

Kiprah Tyrell Malacia, Bek Muda Belanda yang Jadi Pembelian Perdana Ten Hag di Man United

Rabu, 29 Juni 2022 11:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bek muda Feyenoord, Tyrell Malacia, yang akan jadi pembelian pertama Manchester United dan Erik ten Haag. (Foto: [email protected])
Berdarah Suriname

Tyrell Malacia merupakan Wing Back kiri andalan Feyenoord Rotterdam yang lahir di Rotterdam, Belanda pada 17 Agustus 1999 silam.

Ia bukanlah orang Belanda asli, mengingat kedua orang tuanya adalah imigran. Ayahnya berasal dari Curacaoan, sedangkan sang ibu berasal dari Suriname.

Mesk begitu, ia lahir dan tumbuh besar di Belanda, termasuk untuk karier sepak bolanya, di mana ia pertama kali bergabung akademi Feyenoord pada usia 8 tahun.

Perjalanannya di sepak bola pun dimulai saat meneken kontrak profesional bersama Feyenoord pada 2 Desember 2015.

Dua tahun berselang, Malacia melakoni debut profesionalnya kala Feyenoord berhadapan dengan Napoli di ajang Liga Champions. Saat itu, ia bermain penuh selama 90 menit.

Sejak saat itu, Malacia mulai menjalani karier profesionalnya dengan debut bersama Feyenoord di Eredivisie kala timnya berhadapan dengan SC Heerenveen 13 Desember 2017.

Sejak debut profesionalnya bagi Feyenoord, Malacia telah tampil sebanyak 136 kali bagi Feyenoord dan berhasil mencetak empat gol.

Permainan apiknya di Feyenoord lantas membuat Malacia dipanggil ke tim nasional Belanda, baik di kelompok umur hingga senior.

Di level senior, Malacia melakoni debutnya pada 4 September 2021, saat Belanda menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Montenegro.

Hingga artikel ini dibuat, Malacia telah mengemas lima caps bersama Timnas Belanda, dan diyakini menjadi pilihan Louis van Gaal untuk Piala Dunia 2022 nanti.

Terlepas dari profilnya, tentu ada alasan mengapa Manchester United tiba-tiba merekrut Tyrell Malacia di bursa transfer musim panas ini. Perekrutan ini tak lepas dari kemampuannya secara spesifik.

Seperti apa statistik Tyrell Malacia itu?