Liga Indonesia

Soal Nasib Jordi Amat Pasca Gabung JDT, PSSI Serahkan ke Tangan Shin Tae-yong

Rabu, 29 Juni 2022 20:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Calon bek Timnas Indonesia, Jordi Amat tiba di Jakarta. Copyright: © PSSI
Calon bek Timnas Indonesia, Jordi Amat tiba di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Pemain keturunan Indonesia-Spanyol, Jordi Amat baru saja diresmikan sebagai pemain klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT).

Hal itu menuai kecaman dari publik sepak bola Tanah Air yang kecewa dengan keputusan bek tengah tersebut. 

Jordi beberapa waktu lalu mengatakan tidak akan bermain untuk JDT, setelah tak perpanjang kontrak dengan klub Belgia,  KAS Eupen. Tapi, hal tersebut diingkari dan hari ini dia diperkenalkan jawara Liga Malaysia itu. 

Keputusan Jordi Amat ke JDT pun ditentang penggemar sepak bola nasional, bahkan mereka menyerukan agar naturalisasi pemain 30 tahun itu dibatalkan. 

PSSI pun angkat bicara terkait ramainya situasi Jordi Amat. Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan belum mendapat kabar dari sang pemain terkait kepindahan ke JDT. 

PSSI dari awal berharap eks Timnas U-20 Spanyol itu tetap bermain di Eropa. Hal itu pula yang mendasari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong merekomendasikan Jordi Amat untuk dinaturalisasi. 

"Harapan kami memang Jordi tetap main di Eropa terlepas lagi dilobi klub Malaysia. Sampai saat ini Jordi belum katakan (beri informasi) kalau sah sebagai pemain di Malaysia," kata Yunus Nusi. 

"Dan kami sudah ingatkan Jordi bahwa dia main di Eropa lebih bagus dalam rangka masa depan ketika ada di timnas, sebagaimana pandangan baik Shin Tae-yong maupun Dirtek PSSI, bahwa dia bagus karena ada di Eropa," sambungnya.