Liga Indonesia

Teco Ogah Lempar Handuk, Begini Perhitungan Bali United Lolos Semifinal Piala AFC Zona Asean

Rabu, 29 Juni 2022 08:25 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yosef Bayu Anangga
© INDOSPORT/Arif Rahman
Peluang Bali United lolos ke babak semifinal Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara (Asean) sangat tipis. Namun, skuat Serdadu Tridatu menolak untuk menyerah. Copyright: © INDOSPORT/Arif Rahman
Peluang Bali United lolos ke babak semifinal Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara (Asean) sangat tipis. Namun, skuat Serdadu Tridatu menolak untuk menyerah.

INDOSPORT.COM - Peluang Bali United lolos ke babak semifinal Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara (Asean) sangat tipis. Namun, skuat Serdadu Tridatu menolak untuk menyerah.

Pada laga terakhir grup G Piala AFC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (30/6/22), Bali United akan bermain kontrak Kaya FC, kemudian Kedah Darul Aman melawan Visakha FC.

Secara matematis, peluang Bali United untuk lolos ke babak semifinal hanya bergantung status runner up terbaik. Status ini turut diperebutkan runner up dari grup H dan I.

Maka, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengamankan posisi runner up grup G. Saat ini, Bali United jadi runner up karena unggul head to head atas Kedah Darul Aman.

Jika nantinya Visakha FC bisa mengalahkan Kedah atau laga itu berakhir imbang, Bali United hanya butuh hasil seri kontra Kaya FC untuk jadi runner up grup G.

Sementara jika Kedah bisa mengalahkan Visakha FC, maka Bali United wajib mengalahkan Kaya FC. Setelah itu, akan dilihat selisih gol dari tiga tim teratas untuk menentukan siapa yang jadi runner up dan siapa yang jadi juara grup.

Dengan mencoret seluruh laga kontra tim juru kunci yakni Kaya FC, akan dilihat selisih gol diantara pertemuan ketiga tim. Posisi saat ini, Visakha FC surplus tiga gol, Bali United minus satu gol dan Kedah minus dua gol.

Jika Kedah menang lebih dari selisih satu gol, maka Kedah yang akan jadi runner up, sementara Visakha FC jadi juara grup.

Sementara jika Kedah bisa menang 5-0 atas Visakha FC, dan Bali United menang atas Kaya FC, maka Kedah jadi juara grup dan Bali United jadi runner up grup G.

Ketika runner up grup G sudah ditemukan, tim itu harus menunggu hasil dari grup H dan I. Perhitungannya, hasil poin dan gol lawan juru kunci tak dianggap karena grup H hanya diikuti tiga tim.