Bola Internasional

Jordi Amat Nyaris Batal Naturalisasi, Sandy Walsh: Pahami Fanatisme Sepak Bola Indonesia

Jumat, 1 Juli 2022 07:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Jordi Amat tiba di Jakarta. Copyright: © PSSI
Jordi Amat tiba di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Sejak mengumumkan kepindahan ke Johor Darul Takzim di Malaysia, nasib naturalisasi Jordi Amat jadi pro kontra. Begini tanggapan Sandy Walsh.

Sebagaimana diketahui, Jordi Amat akan segera menjadi WNI. Ia diharapkan dapat meningkatkan prestasi timnas Indonesia, atas permintaan pelatih Shin Tae-yong.

Namun, bukannya melanjutkan karir di Liga Eropa, Jordi Amat kini justru diperkenalkan sebagai pemain anyar Johor Darul Takzim.

Bek kelahiran Spanyol itu masuk sebagai pemain ASEAN, tapi memiliki kualitas level Eropa, itulah yang tim Malaysia inginkan.

Melihat Malaysia meraup keuntungan dari proses naturalisasi Jordi Amat, masyarakat pun jadi terpecah, ada yang pro dan kontra.

Banyak suara yang menyatakan agar PSSI menarik proses naturalisasi Jordi Amat, dan ia tidak bisa membela Timnas Indonesia.

Di sisi lain, salah satu pemain yang juga dalam proses naturalisasi, Sandy Walsh mengaku serius mengharapkan proses kepindahan warga negara berjalan lancar.

Pasalnya, ia benar-benar ingin menjadi WNI, mengikuti jejak orang tua dari ibunya yang merupakan orang Surabaya dan Purworejo.

"Hubungan saya dengan kakek dan nenek sangat dekat," ungkap Sandy Walsh saat berbincang dengan Chandra Margatama.

"Beliau selalu bilang ke saya bahwa saya bisa main di timnas Indonesia, jika tak ada kesempatan bermain di Eropa, saya harus mempertimbangkan (main di Indonesia)."