Bola Internasional

Hasil Piala AFF U-19 2022 Vietnam vs Timnas U-19: Diwarnai Banyak Drama, Berakhir Tanpa Gol

Sabtu, 2 Juli 2022 22:38 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Duel seru tersaji di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam U-19 vs Timnas Indonesia U-19, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (02/07/22) malam WIB.

Kedua tim harus puas dengan hasil imbang tanpa gol alias 0-0. Padahal Timnas Indonesia U-19 tampil lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Namun sayang penyelesaian akhir yang buruk membuat Skuad Garuda Muda membuang sejumlah peluang emas, yang harusnya bisa dikonversi menjadi gol. 

Sementara di sepanjang pertandingan, para pemain Vietnam membuat publik Tanah Air kesal menyusul seringnya mereka membuat drama terjatuh untuk mengulur waktu.

Babak I

Timnas Indonesia U-19 memulai dengan baik dengan sebuah serangan yang dilancarkan oleh Hokky Caraka dari sisi kanan pertahanan Vietnam.

Timnas Indonesia terus mencoba mengurung pertahanan Vietnam, dengan satu umpan dari gelandang andalan tim U-19, Marselino Ferdinan, masih mampu dipotong oleh Cao Van Binh.

Serangan Timnas Indonesia U-19 pada pertandingan ini mengandalkan Ronaldo Kwateh yang coba menusuk dari sisi sayap kanan pertahanan Vietnam.

Akan tetapi, belum ada peluang berarti yang mampu dibuat olehTimnas Indonesia U-19 dan bola masih mampu diamankan oleh kiper Van Binh.

Selepas 15 menit pertandingan, baik Vietnam maupun Timnas Indonesia masih mencari pola permainan terbaik dengan beberapa kali melakukan umpan-umpan pendek.

Namun demikian, ganti Vietnam kini menguasai pertandingan dengan mencoba memainkan bola di lini tengah.

Beberapa kali Timnas Indonesia U-19 mencoba melakukan pressing, meskipun usaha dari Ronaldo Kwateh kemudian berbuah pelanggaran.

Memasuki menit ke-25, sebuah peluang didapat oleh Vietnam U-19 dari tendangan sudut yang kembali mampu disapu oleh pemain Timnas Indonesia U-19, Dimas Juliono.

Satu peluang mampu didapat oleh skuad Garuda ketika peluang yang didapat oleh Alfriyanto Nico masih mampu ditepis oleh kiper Vietnam, Van Binh.

Memasuki 30 menit, Timnas Indonesia U-19 hanya mendapat satu peluang melalui Arkhan Fikri yang masih membentur bek Vietnam.

Namun demikian, Vietnam juga ikut menekan dengan pergerakan dari lini tengah yang dilakukan oleh Nguyen Van Truong.

Tekanan Vietnam belum berhasil dan bola justru lebih banyak terpotong di lini tengah timnas Indonesia U-19.

Vietnam justru melakukan pergantian pemain di menit ke-40 dengan memasukkan Nguyen Van Tu menggantikan Nguyen Anh Tu.

Timnas Indonesia U-19 pun mencoba melakukan tekanan dari sisi sayap melalui percobaan Subhan Fajri dan lini tengah melalui percobaan Marselino Ferdinan.

Namun, lini tengah dan lini belakang Vietnam masih mampu menangkal serangan yang dibangun pasukan arahan Shin Tae-Yong.

Tekel krusial pun mampu dibuat oleh bek tengah, Muhammad Ferari untuk menyapu bola dari kotak penalti.

Satu peluang didapat oleh pemain Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh, yang sayangnya terjebak off side ketika menerima umpan Subhan Fajri dari sayap kiri.

Hingga babak pertama usai, kedudukan imbang 0-0 masih bertahan dalam pertandingan timnas U-19 Vietnam vs timnas U-19 Indonesia.