Bola Internasional

Wasit Kawakan Liga Inggris Mike Dean Serius untuk Pensiun

Sabtu, 2 Juli 2022 04:02 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Juni Adi
© Michael Regan/Getty Images
Mike Dean memberikan kartu merah ke Ashley Young Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Mike Dean memberikan kartu merah ke Ashley Young

INDOSPORT.COM – Sebenarnya wasit ‘sembrono’ Liga Inggris, Mike Dean telah lama memutuskan unutk pensiun sebagai wasit di Liga Inggris.

Pengalamannya tak main-main, Mike Dean pernah dua kali menjadi wasit utama dalam partai final dia ajang Piala FA.

Mike Dean telah mendapatkan lisensi wasit FIFA sejak tahun 2003 lalu. Reputasinya bukan hanya besar di Inggris, tetapi juga pada level Eropa.

Wasit berkepala plontos tersebut juga pernah memimpin laga-laga besar di kancah Eropa, seperti Liga Champions dan Liga Eropa.

Mike Dean terkenal sebagai sosok 'sembrono' di Premier League. Wasit berusia 53 tahun itu dikenal sebagai sosok yang lincah dan punya ketegasan di lapangan.

Dirinya juga tak jarang terlibat dalam beberapa momen yang bisa dikatakan kontroversial. Pasalnya keputusan yang diambil olehnya sering membuat penonton geleng-geleng kepala.

Dirinya pensiun menjadi wasit memimpin pertandingan internasional sejak 2013. Ketika itu, dia berusia 45 tahun. Kini, Mike Dean siap pensiun sepenuhnya dari lapangan sepak bola.

Usia sang wasit ‘semborono’ tersebut memang sudah tidak lagi muda, kini dia telah menginjak 53 tahun. Dia sudah lebih dari 2 dekade menjadi pengadil di kompetisi Liga Inggris.

Dirinya terkenal sebagai wasit yang tegas dan tanpa kompromi, hal itu terlihat dari banyaknya Mike Dean mengeluarkan kartu dari kantong bajunya, selain 114 kartu merah, dia telah mengeluarkan 2.026 kartu kuning.

Catatan itu membuat dirinya menjadi satu-satunya wasit yang paling banyak mengeluarkan kartu kuning selama menjadi wasit di Liga Inggris.