Liga Indonesia

GIC 2 Mencapai Puncaknya, Tuan Rumah ASIOP Pastikan Segel Trofi Juara

Minggu, 3 Juli 2022 00:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Garuda International Cup
ASIOP FC sukses merajai turnamen internasional bertajuk Transtama-GIC 2. Copyright: © Garuda International Cup
ASIOP FC sukses merajai turnamen internasional bertajuk Transtama-GIC 2.

INDOSPORT.COM - Hajatan Transtama-Garuda International Cup (Transtama-GIC 2) sebentar lagi mencapai puncaknya. Tuan rumah ASIOP yang notabene salah satu akademi sepak bola terbaik di Tanah Air dipastikan menyegel satu trofi. 

Selama tiga hari berlangsung di kompleks ASIOP Training Ground (ATG Sentul) sejak Kamis (30/6/22), Transtama-GIC 2 banyak menghadirkan kejutan, baik di kategori U-12 maupun U-17. 

Turnamen berskala internasional ini sejatinya melibatkan empat negara ASEAN, yakni Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Filipina, selain Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah. 

Namun, tidak ada satu pun akademi dari luar negeri yang mampu melangkah ke final U-12 serta U-17. Klimaks turnamen memunculkan tim-tim lokal, bahkan tuan rumah ASIOP terlibat 'perang saudara' di salah satu kategori usia. 

Ya, ASIOP yang mengirimkan dua tim di masing-masing kelompok umur berhasil menempatkan tiga di antaranya ke final Transtama-Garuda International Cup 2. Mereka melangkah gagah menuju puncak menyingkirkan lawan-lawannya sedari fase grup. 

Di final kategori U-17, ASIOP Merah akan berjumpa saudaranya, ASIOP Biru, Minggu (3/7/22). Ada pun lawan yang mereka singkirkan di semifinal masing-masing yaitu Elang Emas Sriwijaya (1-0) dan Timnas Pelajar BLISPI (2-1). 

Beralih ke kelompok U-12, ASIOP Merah yang harus melewati drama adu penalti di semifinal kontra Jakarta Academy Soccer akan kembali bersua lawan di fase grup lalu, yaitu Next Bali Generation, Minggu (3/7/22). 

Mengacu kepada hasil di fase grup, tim ASIOP Merah berpeluang besar naik podium sekaligus merengkuh trofi di kandang sendiri. Mereka pernah mengalahkan Next Bali Generation dengan skor tipis 1-0, Kamis (30/6/22). 

Bukan cuma turnamen utama, Transtama-GIC 2 juga merancang sistem khusus bernama "Plate" yang memungkinkan tim-tim penghuni peringkat ketiga dan keempat di fase grup untuk melaju ke babak gugur versi mereka sendiri. 

Final "Plate" Transtama-GIC 2 kategori U-12 mempertemukan CS Private kontra Sky Lima FA, sedangkan kelompok U-17 masih belum merampungkan semifinal yang baru akan digelar pada Minggu (3/7/22) pagi.