In-depth

3 Pemain Timnas U-19 Jebolan Turnamen Toulon 2022 yang Layak Tampil Lawan Brunei di Piala AFF U-19

Senin, 4 Juli 2022 14:06 WIB
Editor: Juni Adi
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT.COM
Pemain jebolan Garud Select, Edgard Amping. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT.COM
Pemain jebolan Garud Select, Edgard Amping.

INDOSPORT.COM - Tiga pemain Timnas Indonesia U-19 ini bersinar saat tampil di Turnamen Toulon 2022 lalu, sehingga mereka layak starting XI lawan Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 melawan Brunei Darussalam di Stadion Patriot Candrabhaga, pada Senin (04/07/22) malam WIB.

Skuad Garuda Muda diwajibkan untuk menang, setelah di pertandingan perdana hanya mampu meraup satu poin hasil dari bermain imbang 0-0 melawan Vietnam.

Kegagalan mendulan tiga angka melawan Vietnam juga menjadi evaluasi bagi pelatih Shin Tae-yong, jelang melawan Brunei Darussalam karena di laga perdana lalu bermain cukup buruk.

Penyelesaian akhir menjadi sorotan karena banyak peluang emas yang gagal dikonversi menjadi gol.

Tak ingin mengulang kesalahan yang sama, Timnas Indonesia U-19 diharuskan tampil lebih baik dan tenang lagi melawan Brunei Darussalam.

Apalagi Brunei Darussalam juga bukan lawan yang sulit-sulit amat. Di laga perdananya, mereka sudah terbantai oleh Myanmar 7-0.

Harapan menang tentu sangat sulit bagi Brunei Darussalam, mengingat Timnas Indonesia U-19 adalah salah satu tim kuat di Grup A ini bersama Thailand, Vietnam hingga Filipina.

"Brunei Darussalam memang kalah besar, sedangkan kami hanya bisa bermain imbang. Jadi kami harus memikirkan segalanya untuk bisa menang," kata pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong.

"Banyaknya gol atau tidak, kami akan mempersiapkan strategi dan komposisi pemain untuk melawan Brunei Darussalam," imbuhnya.

Kemenangan besar penting untuk Timnas Indonesia U-19 agar bisa menjaga asa lolos ke babak selanjutnya. 

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama beberapa negara kuat yakni Thailand, Vietnam, Filipina, hingga Myanmar. 

Setelah Brunei Darussalam, Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Thailand, Filipina dan terakhir Myanmar. Meningat tiga lawan selanjutnya cukup merepotkan, pelatih Shin Tae-yong diminat untuk melakukan rotasi pemain.

Beberapa nama layak diberi kesempatan untuk tampil sejak menit awal, terutama pemain yang tampil bersinar di Turnamen Toulon 2022 lalu.