Bola Internasional

Sandy Walsh Dukung Pemain ke Luar Negeri: Tidak Wajib, Tapi Bagus buat Timnas Indonesia

Senin, 4 Juli 2022 16:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© sandywalsh
Sandy Walsh calon pemain naturalisasi Copyright: © sandywalsh
Sandy Walsh calon pemain naturalisasi

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi, Sandy Walsh mendukung pemain lokal untuk berkarir di luar negeri, karena akan berdampak pada kualitas Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Sandy Walsh sempat bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia, saat Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jawa Barat dan Kuwait.

Kala itu, Sandy berjumpa dengan sejumlah pemain Indonesia yang kini berkarir di luar negeri, lalu dipanggil ke Timnas Indonesia.

Sebut saja Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di Slovakia, lalu Pratama Arhan di Jepang, dan Asnawi Mangkualam di Korea.

Ada pula Saddil Ramdani yang bermain di Malaysia, dan Elkan Baggott yang saat ini masih melanjutkan karirnya di Inggris.

Saat menjadi bintang tamu di Youtube Chandra Margatama, Sandy Walsh turut mengatakan bahwa main di luar negeri sebetulnya bukan sebuah keharusan.

"Saya rasa itu bukan kewajiban dalam karir seseorang (main di luar negeri). Saya saja sepuluh tahun main di Belgia, apakah saya harus main di Indonesia?" ungkap Sandy.

"Itu bukan kewajiban, itu hanya pilihan. Kalau kamu memiliki (tawaran), kamu bisa memikirkannya," ucap pemain 27 tahun itu.

Usut punya usut, sejatinya Sandy Walsh juga sempat mendapat tawaran untuk main di Irlandia dan naturalisasi, tetapi ia dengan mantap menolak tawaran menggiurkan itu.

Sandy Walsh mengaku lebih tertarik untuk naturalisasi jadi Warga Negara Indonesia, agar bisa bermain di Timnas Indonesia.