In-depth

3 Top Skor Terbaik Piala AFF U-19 Sepanjang Masa, Ada dari Timnas Indonesia

Kamis, 7 Juli 2022 14:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Mengingat tiga top skor Piala AFF U-19 terbaik sepanjang masa, termasuk dari Timnas Indonesia. Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Mengingat tiga top skor Piala AFF U-19 terbaik sepanjang masa, termasuk dari Timnas Indonesia. Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Mengingat tiga top skor Piala AFF U-19 terbaik sepanjang masa, termasuk dari Timnas Indonesia.

Sejak digelar pada 2002 silam, gelaran Piala AFF U-19 yang mempertemukan tim-tim kelompok usia antarnegara Asia Tenggara ini telah menelurkan banyak top skor subur setiap edisinya.

Dari sekian pemain tersebut, mari mengingat tiga yang terbaik dengan raihan gol terbanyak sepanjang sejarah turnamen digelar.

Nguyen Xuan Nam (Vietnam)

Bintang di edisi Piala AFF U-19 2011 yang digelar di Myanmar. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 8 gol berhasil ia sarangkan selama kompetisi berlangsung.

Timnas Vietnam U-19 sendiri mengawali langkah mereka dengan mengesankan dengan membantai Brunei 7-0 di matchday pertama.

Di pertandingan inilah Nguyen Xuan Nam mulai mencatatkan namanya di papan skor Piala AFF U-19 2011.

Dua gol berhasil ia lesatkan, membuka jalannya menuju daftar top skor, meski perolehannya pada waktu itu masih kalah dibandingkan sang rekan, Nguyen Thanh Hien, yang mencetak hattrick kontra Brunei.

Namun setelah itu, eksplosivitas Nguyen Xuan Nam justru tidak dapat dibendung. Gol demi gol terus ia ciptakan di pertandingan-pertandingan Timnas Vietnam U-19.

Salah satunya di partai melawan Timnas Indonesia U-19 yang saat itu dibantai dengan skor 1-6 pada 12 September 2011.

Nguyen Xuan Nam menutup putaran grup Piala AFF U-19 2011 dengan torehan 5 gol. Akan tetapi, sepak terjangnya masih terus berlanjut hingga fase gugur.