Bola Internasional

Sebut Striker Timnas Indonesia U-19 Mandul, Ini Kritik dan Permintaan Mengejutkan Shin Tae-yong

Kamis, 7 Juli 2022 04:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Arif Rahman/Indosport.com
Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengakui lini depan tim asuhannya masih ada masalah saat bersua lawan kuat di Piala AFF U-19 2022.

Terbukti, para striker andalan Timnas Indonesia U-19 tidak bisa cetak gol saat bersua Vietnam dan Thailand di penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Saat melawan Vietnam, Timnas Indonesia U-19 gagal mencetak gol, meski ada delapan tendangan ke arah gawang dengan tiga on target.

Lalu lawan Thailand pada Rabu (06/07/22) malam tadi, skuat Garuda Nusantara juga mandul. Bagaimana tidak, Ronaldo Kwateh dkk melepaskan delapan tembakan ke arah gawang dengan tiga on target, namun tidak ada gol yang tercipta.

Terkecuali saat melawan Brunei, pasukan Shin Tae-yong baru mampu mencetak tujuh gol tanpa balas. Hal itu pun jadi perhatian serius Shin Tae-yong untuk menghadapi dua pertandingan sisa di Grup A. 

"Seperti apa yang dilihat, memang pemain depan kami punya masalah soal finishing, kecuali saat menghadapi Brunei Darussalam," ujar Shin Tae-yong seusai laga kontra Thailand yang berakhir imbang 0-0, Rabu (06/07/22) di Stadion Patriot, Bekasi.

Menyikapi minimnya striker berkualitas, Shin Tae-yong menyarankan agar PSSI ataupun pemerintah Indonesia fokus membangun kompetisi usia dini yang berjenjang. Dengan demikian, akan muncul bibit-bibit pemain potensial.

"Seharusnya kita membuat youth sistem yang baik, sehingga nantinya akan muncul penyerang yang bagus. Ini jadi masalah sepak bola Indonesia sekarang," kata Shin Tae-yong.