Bola Internasional

AFC Kenang Momen Garuda Gebuk Bahrain di Piala Asia 2007, Semangati Timnas Indonesia U-19?

Minggu, 10 Juli 2022 17:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Timnas Indonesia U-19 melawan Myanmar di Piala AFF U-19 2022 pada hari ini dimana tepat 15 tahun yang lalu timnas Indonesia senior lakukan hal mustahil taklukkan Bahrain di Piala Asia 2007. Copyright: © Getty Images
Timnas Indonesia U-19 melawan Myanmar di Piala AFF U-19 2022 pada hari ini dimana tepat 15 tahun yang lalu timnas Indonesia senior lakukan hal mustahil taklukkan Bahrain di Piala Asia 2007.

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini 15 tahun lalu, 10 Juli 2007, timnas Indonesia meraih kemenangan bersejarah atas Bahrain dalam ajang Piala Asia dengan skor 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Untuk memperingati momen klasik tersebut, AFC mengunggah foto-foto laga bersejarah yang bertepatan dengan hari pertandingan timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/7/22).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by #AFCU23 (@afcasiancup)

Di Piala Asia 2007, timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah bersama dengan Thailand, Malaysia, dan Vietnam dan mereka mampu membuat kejutan besar.

Walau anak-anak asuh Ivan Kolev saat itu tidak bisa lolos ke perempat final karena harus disatukan dalam grup yang sama dengan Arab Saudi dan Korea Selatan, setidaknya mereka tidak menjadi juru kunci berkat tiga poin atas Bahrain.

Tidak ada yang mengira jika timnas Indonesia bisa menggebuk Bahrain yang secara fisik maupun peringkat dunia FIFA saat itu juga sudah jauh unggul.

Akan tetapi optimisme para fans Merah-Putih yang memadati GBK membuncah tinggi usai Budi Sudarsono mampu menyulap umpan jenius Firman Utina menjadi gol via finishin kaki kiri terukur usai melewari kiper lawan di menit ke-14.

Bahrain memang sempat menyamakan kedudukan jelang 30 menit partai berjalan lewat lesakan Sayed Mahmood memanfaatkan sapuan buruk lini belakang yang dikawal Ricardo Salampessy cs namun timnas Indonesia jadi yang tersenyum paling akhir.

Pasalnya di babak kedua Bambang Pamungkas selaku kapten tim mampu menjadi pahlawan berkat gol kemenangan yang ia cetak pada menit ke-64.

Bermula dari tendangan jarak jauh Firman yang memantul usai mencium tiang gawang, Bambang yang bereaksi cepat mampu menyambar bola dan menceploskannya masuk tanpa kesulitan.

Meski harus puas menjadi penempat posisi ketiga di klasemen akhir grup, namun timnas Indonesia tidak dipungkiri telah mencatat sejarah oke. AFC pun sampai tidak lupa pada momen ini dan kembali mengingatkan pada fans Garuda di dunia maya.