Bola Internasional

3 Alasan Timnas Indonesia Harus Pertimbangkan Opsi Keluar dari AFF

Senin, 11 Juli 2022 18:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Myanmar Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Myanmar Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

INDOSPORT.COM – Berikut tiga alasan mengapa Timnas Indonesia bisa pertimbangkan opsi untuk keluar dari AFF atau Federasi Sepak Bola Asia Tenggara.

Gaung untuk membuat Indonesia keluar dari AFF bergema di jagat media sosial. Permintaan ini sendiri diberikan oleh netizen usai Timnas Indonesia U-19 gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 kendati menang 5-1 atas Myanmar di laga terakhir dan punya poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand.

Timnas Indonesia U-19 punya poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand yakni 11 poin di klasemen grup A Piala AFF U-19 2022.

Skuad Garuda Nusantara bahkan mampu mengungguli kompetitornya itu dalam urusan selisih gol di tabel klasemen grup A.

Namun pada akhirnya, Timnas Indonesia U-19 tetap gagal lolos ke semifinal. Usut punya usut, kegagalan ini karena anak asuh Shin Tae-yong kalah Head to Head.

Vietnam dan Thailand berhak lolos karena mampu mencetak gol saat keduanya bertemu hingga laga berakhir 1-1. Sedangkan Timnas Indonesia U-19 tak bisa mencetak gol melawan keduanya.

Kegagalan tersebut pun membuat netizen geram dan meminta PSSI agar keluar dari AFF, buntut akan adanya regulasi tersebut.

Permintaan ini bahkan memenuhi kolom komentar unggahan PSSI dan meminta agar Timnas Indonesia tak lagi ikut agenda AFF.

Permintaan ini sendiri pun sejatinya bisa dipertimbangkan oleh PSSI dan Timnas Indonesia. Apalagi jika melihat sederet alasan berikut ini.