In-depth

4 Negara yang Kemungkinan Mendukung Timnas Indonesia Hengkang dari AFF ke EAFF

Kamis, 21 Juli 2022 12:02 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Bandung Saputra/PSSI
Selebrasi gol Indonesia di laga melawan Taiwan di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 Copyright: © Bandung Saputra/PSSI
Selebrasi gol Indonesia di laga melawan Taiwan di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023

INDOSPORT.COM - Berikut empat negara Asia yang kemungkinan ikut mendukung langkah Timnas Indonesia untuk keluar dari AFF dan bergabung ke EAFF.

Saat ini banyak penikmat sepak bola Tanah Air yang berharap agar PSSI mengambil langkah berani untuk keluar dari AFF dan bergabung ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Masalah PSSI dengan AFF diawali dengan gagalnya Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal ajang bergengsi Piala AFF U-19 2022 lalu.

Meski pasukan Shin Tae-yong menang telak 5-1 atas Myanmar di laga terakhir Grup A, nyatanya Ronaldo Kwateh hanya bisa finis di urutan ketiga klasemen.

Regulasi jadul AFF menentukan bahwa posisi akhir penghuni klasemen adalah head to head, selisih gol dan produktivitas gol.

Lantas Timnas Indonesia U-19 kemudian tersingkir karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand yang dianggap bermain mata karena meraih hasil imbang 1-1 di partai terakhir Grup A.

PSSI juga telah melayangkan protes kepada AFF terkait dugaan sepak bola gajah antara Vietnam vs Thailand. Namun sepertinya laporan tersebut tidak digubris.

Hal ini lantas membuat banyak netizen bertambah geram dengan AFF. Mereka menuntut PSSI agar Timnas Indonesia segera keluar dari Federasi Sepak Bola ASEAN dan gabung ke EAFF.

Dukungan Timnas Indonesia keluar dari AFF ke EAFF tidak hanya datang dari netizen Tanah Air. Berikut INDOSPORT telah merangkum lima negara yang kemungkinan ikut mendukung langkah tersebut: