Bola Internasional

Tak Kalah Ngeri dari Shin Tae-yong, Bima Sakti Bikin Aturan Ketat untuk Timnas Indonesia U-16

Senin, 25 Juli 2022 13:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© PSSI
TC Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UNY Yogyakarta jelang Piala AFF U-16 2022. Copyright: © PSSI
TC Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UNY Yogyakarta jelang Piala AFF U-16 2022.

INDOSPORT.COM - Tak kalah ngeri dari aturan Shin Tae-yong, pelatih Bima Sakti juga membuat aturan ketat supaya para pemain Timnas Indonesia U-16 disiplin.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong memiliki aturan ketat untuk mendisiplinkan para pemain Timnas Indonesia. Siapa yang tidak patuh, maka akan langsung dicoret.

Ketegasan ini juga diadopsi oleh pelatih kepala Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

Saat ini, Bima Sakti tengah memimpin sesi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16, untuk persiapan jelang Piala AFF U-16 2022.

Sekadar informasi, Piala AFF U-16 2022 akan digelar pada 31 Juli hingga 12 Agustus. Indonesia juga kembali menjadi tuan rumah.

Setelah mengumpulkan 30 pemain, Bima Sakti pun menyampaikan sosialisasi terkait aturan-aturan yang berlaku di Timnas U-16.

Aturan ini dibuat secara turun temurun dari generasi sebelumnya, sehingga sudah teruji untuk mendisiplinkan para penggawa muda. 

"Semua aturan ini sudah dibuat sejak 2019. Pemain harus disiplin, tidak boleh terlambat, menghargai waktu, disiplin seragam, sampai latihan, semua kita buat aturan," kata Bima.

"Kemudian, jam-jam istirahat juga ada aturan. Jam 9 harus tidur semua, karena tanggung jawab kami ini besar sekali, kami harus mulai dari hal kecil," imbuhnya lagi.

"Makan harus sama-sama, harus seragam. Kemudian, kami kan difasilitasi PSSI dan sponsor, maka itu harus dimanfaatkan benar-benar," tegas pelatih Bima Sakti.