In-depth

3 Hal yang Harus Dilakukan AFF Agar Timnas Indonesia Batal Hengkang ke EAFF

Selasa, 26 Juli 2022 15:44 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© AFF
Lima Hal yang Harus Dilakukan AFF Agar Timnas Indonesia Batal Hengkang ke EAFF. Copyright: © AFF
Lima Hal yang Harus Dilakukan AFF Agar Timnas Indonesia Batal Hengkang ke EAFF.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga hal yang harus dilakukan AFF agar PSSI membatalkan niat hengkang dan memasukan Timnas Indonesia menjadi bagian dari anggota EAFF.

Seperti diketahui, kabar mengenai rencana pindahnya Timnas Indonesia dari AFF ke EAFF masih terus menjadi buah bibir. Bahkan media asing khususnya Vietnam ikut meramaikan isu tersebut.

Sejatinya, masalah PSSI dengan AFF diawali dengan gagalnya Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal ajang bergengsi Piala AFF U-19 2022 lalu.

Meski pasukan Shin Tae-yong menang telak 5-1 atas Myanmar di laga terakhir Grup A, nyatanya Marselino Ferdinan hanya bisa finis di urutan ketiga klasemen.

Regulasi jadul AFF menentukan bahwa posisi akhir penghuni klasemen adalah head to head, selisih gol dan produktivitas gol.

Lantas Timnas Indonesia U-19 kemudian tersingkir karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand yang dianggap bermain mata karena meraih hasil imbang 1-1 di partai terakhir Grup A.

Setelah itu, PSSI langsung mengirim surat protes kepada AFF soal laga Vietnam vs Thailand yang disinyalir melakukan pratik sepak bola gajah.

Hingga kini belum ada respons dari AFF dan membuat banyak fans Garuda semakin marah besar. Mereka terus menuntut agar PSSI segera keluar dari AFF serta bergabung ke EAFF.

Bila AFF kehilangan Timnas Indonesia, maka Federasi Sepak Bola Asia Tenggara ini bakal mengalami kerugian sangat besar. Oleh sebab itu, mereka perlu melakukan tiga hal agar PSSI membatalkan niat hengkang.