Bola Internasional

Pengamat Bongkar Gimmick PSSI, Mulai Keluar dari AFF hingga Misi Rahasia ke Singapura

Selasa, 26 Juli 2022 16:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (22/07/22), jelang Kick-off Liga 1 2022-2023. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (22/07/22), jelang Kick-off Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Komentator dan pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel membongkar 'gimmick' PSSI yang ingin keluar dari AFF menuju EAFF.

Sebagaimana diketahui, polemik kegagalan Timnas Indonesia U-19 ke semifinal Piala AFF U-19 2022 berbuntut panjang, sampai detik ini masih jadi pembahasan di media.

Mulai dari tudingan kepada Vietnam dan Thailand soal praktik sepak bola gajah, sampai ancaman untuk keluar dari AFF, dan bergabung ke East Asia Football Federation (EAFF).

PSSI mengklaim bahwa awalnya desakan untuk keluar dari AFF muncul dari media sosial, kemudian Sekjen PSSI, Yunus Nusi buka suara, dan sepaham dengan netizen.

Bahkan, ia mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak EAFF, seolah menyiratkan bahwa PSSI serius ingin keluar dari AFF.

Hal ini yang membuat Bung Towel naik pitam. Bagaimana mungkin federasi besar sekelas PSSI tidak menyaring, mana hal-hal yang perlu dilakukan dan perlu diabaikan.

"Di awal, PSSI meng-entertain netizen dengan pernyataan-pernyataan di media, Sekjen sudah berkomunikasi dengan EAFF," ucap Tommy Welly di Youtube Gocek Bung Towel.

"Walaupun kita nggak tahu komunikasinya via apa, karena kalau bicara soal federasi, komunikasi formal, harusnya bersurat atau email dan sebagainya," jelas Bung Towel.

"Kalau hanya sebatas klaim, kita tidak bisa menguji kebenarannya, apakah betul atau tidak, tapi kelihatan PSSI meng-entertain desakan netizen itu," tambahnya lagi.

Dengan berbagai fakta tersebut, Bung Towel menyimpulkan bahwa PSSI hanya membuat gimmick seolah ingin keluar dari AFF dan memancing atensi dari masyarakat.