In-depth

Kabar Wanderley Santos, Si Naturalisasi Palsu Indonesia yang Kini Menganggur di Brasil

Rabu, 27 Juli 2022 22:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Transfermarkt
Wanderley Santos, Pemain Naturalisasi Palsu Timnas Indonseia Copyright: © Transfermarkt
Wanderley Santos, Pemain Naturalisasi Palsu Timnas Indonseia

INDOSPORT.COM – Mengenang kembali sosok Wanderley Santos Monteiro Junior, sang pemain naturalisasi palsu yang disebut berkewarganegaraan Indonesia dan kabarnya kini.

Nama Wanderley Santos Monteiro Junior pernah ramai diperbincangkan jagat sepak bola Indonesia, tepatnya pada 2016 silam saat laman Transfermarkt menambahkan bendera Indonesia di profil kewarganegaran sang pemain.

© Transfermarkt
Wanderley Santos, Pemain Naturalisasi Palsu Timnas Indonseia Copyright: TransfermarktWanderley Santos, Pemain Naturalisasi Palsu Timnas Indonseia

Padahal, pemain berusia 27 tahun itu tak pernah sekalipun bermain di pentas sepak bola Indonesia. Namun, sejumlah bukti pada saat itu menunjukkan jika penyerang berdarah Brasil ini memang seorang warga Indonesia asli. 

Pertama, melalui Wikipedia di mana klub Al Nasr mencantumkan negara asal Wanderley dari Indonesia, serta unggahan akun Twitter sepak bola Uni Emirat Arab @UAEkick yang mencantumkan foto Wanderley dan bendera Indonesia. 

Praktis hal tersebut langsung menggemparkan sepak bola Tanah Air, banyak para pendukung Timnas mengusut tuntas kasus ini dan berharap jika Wanderley benar berdarah Indonesia bisa memperkuat skuat Garuda.

Namun setelah ditelisik, Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia menemukan fakta bawah paspor Indonesia milik Wanderley Santos tak pernah terdaftar sebagai warga negara Indonesia.

Dengan kata lain, pemain yang pernah bersaing dengan Ronaldinho saat membela Flamengo di Liga Brasil ini telah memalsukan paspor Indonesia agar bisa bermain di Liga Uni Emirat Arab.

Pada saat itu, kompetisi sepak bola UEA memang hanya memperbolehkan satu klub mengontrak 3 pemain asing non-Asia dan 1 dari Asia.

Sementara Al Nasr, klub yang dibela Wanderley Santos Monteiro Junior sudah memiliki tiga pemain asing non-Asia, tapi mereka tetap merekrut sang striker dan mengubah paspornya menjadi Indonesia untuk melengkapi slot pemain Asia.

Bahkan, salah satu media asal Uni Emirat Arab, 24.ae, sempat mengulas karier Wanderley Santos Monteiro Junior yang dianggap sebagai orang Indonesia pertama yang berkarier di UEA Arabian Gulf League.

Usai ramai kasus pemalsuan paspor yang dilakukan Wanderley Santos Monteiro Junior beberapa tahun lalu, lantas bagaimanakah kabar sang pemain saat ini? Berikut INDOSPORT coba merangkum: