Bola Internasional

Cetak Gol Lagi di Liga Korea, Pengamat Sebut Asnawi Mangkualam Pemain Langka

Selasa, 2 Agustus 2022 16:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Asnawi Mangkualam, pemain Timnas Indonesia. Foto: [email protected]_bhr
Asnawi Pemain Langka

Jika dibandingkan dengan pesepak bola Indonesia lainnya yang berkarir di luar negeri, Asnawi Mangkualam boleh dikatakan sebagai yang paling sukses.

Tak hanya mendapatkan tempat utama dan bermain reguler di Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam juga berhasil menjalankan perannya sebagai pemain bertahan.

Selain itu, Asnawi juga kerap membantu Ansan meraih kemenangan di kompetisi kasta kedua Korea, dengan gol kejutan. 

Hal itu yang membuat komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh berdecak kagum melihat Asnawi dan menyebutnya sebagai pemain langka. .

"Kita sama-sama tahu, tidak gampang bagi seorang pemain muda Indonesia untuk bisa bersaing di luar negeri," kata Binder Singh.

"Asnawi mampu melakukannya karena dia bekerja keras, tidak ingin menyerah begitu saja, pemain ini punya tekad yang kuat untuk berhasil berkarier di luar negeri."

"Pemain seperti Asnawi ini adalah pemain yang langka, pemain ini bisa menjawab kepercayaan dari Shin Tae-yong ketika direkomendasikan pada Ansan Greeners."

Binder Singh juga berterima kasih kepada Shin Tae-yong atas bimbingan dan arahan di Timnas Indonesia, sehingga Asnawi kini bisa merintis karir di Liga Korea Selatan.

"Kita beruntung punya pelatih seperti Shin Tae-yong yang ingin memajukan sepak bola Indonesia dengan memberikan rekomendasi ke klub-klub Asia," ucap Binder Singh lagi.

"Kita berharap Asnawi bisa bermain di salah satu klub besar di Korea Selatan. Dia telah menunjukkan dan membuka mata klub-klub lain di Korea, juga mungkin di Jepang," tukasnya.