Bola Internasional

Thailand Kembali Janji Bawa Tim U-23 di Piala AFF Hadapi Timnas Indonesia, Jilat Ludah Sendiri Lagi?

Kamis, 4 Agustus 2022 21:21 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Jelang Piala AFF 2022, Thailand lagi-lagi sesumbar untuk gunakan tim U-23 alih-alih tim senior walau tak seperti timnas Indonesia, janji itu belum terbukti. Copyright: © PSSI
Jelang Piala AFF 2022, Thailand lagi-lagi sesumbar untuk gunakan tim U-23 alih-alih tim senior walau tak seperti timnas Indonesia, janji itu belum terbukti.

INDOSPORT.COM - Layaknya tradisi jelang digelarnya Piala AFF edisi senior, Thailand kembali sesumbar jika mereka akan mengirimkan skuat U-23 untuk Piala AFF 2022 mendatang.

Mereka merasa jika untuk menghadapi para rival di Asia Tenggara seperti Vietnam dan timnas Indonesia tidak lagi diperlukan untuk memanggil para pemain terbaik.

Thailand beralasan jika mereka ingin fokus mempersiapkan turnamen yang lebih besar dan bergengsi ketimbang Piala AFF.

Rencana ini dibocorkan langsung oleh ketua federasi sepak bola Thailand (FAT) yakni Somyot Poompanmoung.

Target terdekat dari Thailand adalah lolos ke putaran final Olimpiade Paris 2024 dan untuk meraih itu fokus Chanathip Songkrasin dan kolega tidak boleh diganggu turnamen-turnamen yang dirasa kurang penting.

Keputusan Thailand untuk tidak lagi memprioritaskan Piala AFF terbilang wajar mengingat mereka sudah sangat sukses di ajang regional ASEAN tersebut.

Enam kali sudah The War Elephants menjadi kampiun. Kali terakhir Thailand menjadi juara adalah di Piala AFF 2020 lalu dengan mengalahkan timnas Indonesia di final.

Jauh lebih baik ketimbang timnas Indonesia. Merah-Putih belum sekalipun menjadi juara dan paling banter hanya menyabet titel runner-up enam kali.

“FAT memiliki kebijakan untuk mempertimbangkan tim U-23 sebagai target investasi utama. Dengan generasi pemain ini, sepak bola Thailand bisa keluar lebih jauh dari Asia Tenggara,” ujar  Poompanmoung dikutip Thairath pada Senin (01/08/22) lalu.

“Kami akan memutuskan untuk mendekati Asia dan dunia. Sepak bola Thailand harus bermain di turnamen utama dan FIFA, bukan yang tidak resmi,” ujarnya lagi.