In-depth

3 Negara Kecil Seluas Negeri Laskar Pelangi yang Pernah Tampil di Piala Dunia

Jumat, 5 Agustus 2022 20:46 WIB
Editor: Juni Adi
© Verdict
Trofi Piala Dunia. Copyright: © Verdict
Trofi Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Tiga negara ini mempunyai luas wilayah tidak lebih dari Kepulauan Bangka Belitung tapi pernah tampil di Piala Dunia.

Kurang dari beberapa bulan lagi, publik akan disuguhkan pesta olahraga sepak bola terbesar Piala Dunia 2022 akan segera dimulai akhir tahun ini.

Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan event empat tahunan tersebut oleh FIFA, yang akan dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Ini merupakan pertama kalinya Piala Dunia digelar di musim dingin untuk Eropa. Biasanya FIFA selalu menggelar di akhir kompetisi atau musim panas.

Total ada 32 tim yang sudah memastikan diri akan tampil di putaran final, untuk merebut trofi paling bergengsi itu. 

Nama-nama negara besar seperti Brasil, Prancis, Argentina, Jerman masih menjadi favorit untuk diunggulkan.

Sayangnya, Piala Dunia 2022 ini sedikit hambar lantaran jawara Eropa EURO 2020, Italia, tak bisa lolos setelah mereka kalah di babak play-off.

Kejutan tidak hanya menghampiri para negara peserta dengan nama besar, tapi juga beberapa negara yang jarang didengan oleh telingan khalayak umum.

Seperti negara-negara kecil yang pernah mengejutkan bisa lolos ke putaran final Piala Dunia.

Sebagai informasi, negara-negara ini luasnya kurang dari 20 kilometer persegi, hampir mendekati luas wilayah salah satu provinsi kepulauan di Indonesia yakni Kepulauan Bangka Belitung.

Provinsi berjuluk Negeri Laskar Pelangi itu memiliki luas wilayah sekitar 16.424 kilometer persegi. Meski luas wilayahnya tidak cukup luas, tapi mereka pernah tampil di Piala Dunia. Siapa saja negara tersebut?