Liga Indonesia

Drama Hari Terakhir Pendaftaran Pemain Liga 1, PSIS Semarang Nyaris Coret Carlos Fortes

Jumat, 5 Agustus 2022 19:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang nyaris mengikuti jejak Persis Solo untuk mengganti pemain asing jelang penutupan pendaftaran pemain Liga 1 2022/2023, Jumat (05/08/22) pukul 23.59 WIB. Ternyata, Carlos Fortes hampir saja diganti sementara karena masih cedera.

Cedera yang dialami Carlos Fortes terjadi pada Piala Presiden 2022 lalu. Gara-gara ajang pramusim tersebut, Fortes malah absen dalam dua partai awal tim Mahesa Jenar di Liga 1.

Absennya Fortes sempat memunculkan rumor Fortes bakal digantikan. Kabar berhembus bahwa mantan pilar Persiraja Aceh, Paulo Henrique, masuk opsi pengganti Fortes.

Ternyata, rumor Fortes akan diganti memang benar. Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, mengakui sempat memiliki plan B jika cedera Fortes membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh total.

"Mengenai kedatangan salah satu pemain asing ke Semarang, memang kami datangkan dengan pertimbangan teknis yang ada. Namun kami sudah bulat untuk memutuskan tetap menggunakan pemain asing yang ada," kata Yoyok Sukawi.

Dengan batalnya pergantian pemain asing, terutama sektor depan, maka PSIS tetap pada empat pilar, yakni Taisei Marukawa, Alie Sesay, Jonathan Cantillana dan Carlos Fortes.

"Kami berharap empat pemain asing yang ada tetap maksimal dalam membela PSIS karena evaluasi akan tetap kami lakukan kalau ada pemain yang tidak maksimal di putaran pertama ini," tutur Yoyok Sukawi.

Mengenai kondisi Carlos Fortes, Yoyok Sukawi memastikan eks bomber ganas Arema FC sudah menunjukkan perkembangan bagus.

"Fortes awalnya memang dianalisa baru bisa sembuh sekitar satu bulan lagi dari tim medis. Setelah melalui proses terapi, treatment dan pengobatan yang dilakukan tim medis, Fortes nampaknya sembuh lebih cepat," jelas Yoyok Sukawi.

Fortes pun berpotensi melakoni debut untuk PSIS Semarang di Liga 1, ketika menghadapi Barito Putera, Sabtu (06/08/22).