Bola Internasional

Piala AFF U-16: Pelatih Timnas Thailand U-16 Bisa Bahasa Indonesia! Akui Pernah Perkuat Persisam

Jumat, 5 Agustus 2022 22:32 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pipob Onmo yang merupakan pelatih Thailand di Piala AFF U-16 rupanya bisa berbahasa Indonesia usai mengaku bela Persisam Putra Samarinda di masa lampau. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pipob Onmo yang merupakan pelatih Thailand di Piala AFF U-16 rupanya bisa berbahasa Indonesia usai mengaku bela Persisam Putra Samarinda di masa lampau.

INDOSPORT.COM - Pelatih tim rival timnas Indonesia di Piala AFF U-16, Thailand, yakni Pipob Onmo memberi kejutan luar biasa.

Pasalnya ia bisa berbicara dalam bahasa Indonesia usai mengku mendapat keterampilan tersebut karena sempat memperkuat Persisam Putra Samarinda.

Fakta unik tersebut diketahui oleh awak media kala dirinya diwawancarai usai laga Thailand vs Laos di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, pada Kamis (04/08/22) lalu.

Saat disapa menggunakan bahasa Inggris, Pipob justru menjawab dengan bahasa Indonesia. "Oh, bisa." begitu ujar pria 43 tahun itu saat ditanyai apakah ia bisa diajak wawancara atau tidak oleh Antara.

"Sedikit-sedikit," jawab Pipob kala para wartawan kaget dibuatnya dan menanyakan apakah ia memang bisa berbahasa Indonesia.

"Saya pernah bermain di Persisam Putra Samarinda sekitar 20 tahun yang lalu," begitu bunyi keterangan Pipob Onmo soal bagaimana ia belajar.

Cukup aneh karena di dunia maya tidak terdapat informasi jika Pipob memang pernah berbaju Persisam yang kini tekah berganti nama menjadi Bali United tersebut.

Menurut Wikipedia ataupun Transfermarkt, sosok yang dulunya aktif bermain sebagai penyerang itu hanya pernah membela dua klub saja yakni BEC Tero Sasana dan Chonburi FC yang sama-sama tim lokal Thailand.

Sekitar dua dekade lalu memang ada pemain asal Thailand di skuat Pesut Mahakam namun bukan dirinya melainkan Pipat Thonkaya.

Pipob pun menjelaskan jika Pipat yang berada di Persisam selama setahun di 2009-2010 lebih dulu merantau ke Indonesia. Ia datang sekitar enam bulan setelahnya.