Bola Internasional

Alasan Bima Sakti dan Timnas U-16 Selalu Bawa Jersey Mendiang Alfin Lestaluhu

Senin, 8 Agustus 2022 16:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti membawa jersey mendiang Alfin Lestaluhu saat sesi jumpa pers usai laga Piala AFF U-16 2022. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti membawa jersey mendiang Alfin Lestaluhu saat sesi jumpa pers usai laga Piala AFF U-16 2022.

INDOSPORT.COM - Ada hal menarik yang dilakukan skuad Timnas Indonesia U-16 di ajang kejuaraan Piala AFF U-16 tahun 2022 ini.

Pemain dan pelatih Bima Sakti selalu membawa jersey nomor 2 milik Almahrum, Alfin Lestaluhu di setiap pertandingan. Rupanya, ada alasan spesial tim melakukan hal tersebut. 

Jersey itu selalu dibawa para pemain Timnas U-16 saat melakukan foto bersama sebelum laga, termasuk saat mengalahkan Vietnam 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (06/08/22).

Mendiang Alfin Lestaluhu adalah salah satu pemain Timnas U-16, asuhan Bima Sakti pada periode tahun 2019 lalu. 

Dia adalah bek kanan andalan yang turut bantu skuad Garuda Asia lolos Piala Asia U-17 2020 dengan menjadi peringkat kedua kualifikasi Grup G.

Alfin meninggal dunia di Jakarta pada 31 Oktober 2019 karena sakit 'enchepalitis' yang menyerang otak. 

Dijelaskan Bima Sakti, jersey dengan nomor dan nama Alfin sudah lama dibuat dengan tujuan untuk menunjukan ke pemain Timnas U-16 tentang kerja keras dan perjuangan hingga akhir. 

"Jersey ini sudah lama kami bikin atas nama Alfin dan ini jadi simbol. Ini kakak kelas dari mereka, dia (Alfin) kan anngkatan Marselino (Ferdinan) dan Ronaldo (Kwateh). Ini adalah simbol pemain yang miliki semangat juang tinggi," kata Bima Sakti. 

Tak hanya itu, dengan mengenang perjuangan Almarhum saat masih hidup, bisa menjadi motivasi tersendiri bagi pemain Timnas U-16 saat ini.

"Kemudian miliki kerja keras luar biasa dalam latihan dan pertandingan. Ini jadi motivasi buat adik-adik sekarang. Ini loh Alfin Lestaluhu, kami lihatkan videonya bahwa ini anak yang luar biasa," imbuhnya.