Liga Inggris

Liga Inggris: Kekalahan Man United Akibat Ten Hag 'Abaikan' Petuah Sir Alex Ferguson

Selasa, 9 Agustus 2022 12:45 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
© Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Copyright: © Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

INDOSPORT.COM - Kekalahan Manchester United dalam laga pembuka Liga Inggris (Premier League) kabarnya terjadi lantaran Erik ten Hag mengabaikan nasihat pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson.

Seperti diketahui, Manchester United menelan kekalahan 1-2 saat menjamu Brighton-Hove Albion di Old Trafford pada Minggu (7/8/22).

Petang itu, Erik ten hag menerapkan strategi yang tak biasa. Dia bersikeras memasang Christian Eriksen sebagai False 9 daripada memainkan Cristiano Ronaldo.

Hasilnya, Manchester United kebobolan terlebih dulu. Gawang yang dijaga David De Gea bergetar gara-gara aksi Pascal Gross pada menit ke-30.

Tak berhenti di situ, Gross lagi-lagi menjadi momok menakutkan bagi skuad asuhan Erik ten Hag setelah sang pemain sukses menjaringkan bola ke gawang kiper asal Spanyol itu pada menit ke-39.

Memasuki menit 60-an, Manchester United mengganti Fred dengan Cristiano Ronaldo untuk menambah daya gedor. Christian Eriksen yang sebelumnya diplot sebagai false nine akhirnya digeser lebih ke dalam sebagai gelandang.

Eriksen sebenarnya bermain cukup ciamik pada pertandingan itu. Hanya saja, umpan manjanya tidak bisa dimanfaatkan oleh Marcus Rashford dengan baik.

Manchester United akhirnya membuka kran gol mereka melalui gol bunuh diri Alexis Mac Allister di menit ke-68 setelah bola tandukan Diogo Dalot yang hampir masuk gawang gagal disapu dengan sempurna oleh pemain Brighton tersebut.

Kini, Erik ten Hag disebut-sebut bahwa kekalahannya adalah akibat dari tak menuruti petuah pelatih legenda Manchester United, Sir Alex Ferguson.

“Anda harus memainkan pemain terbaik di starting XI” adalah nasihat yang sempat dilontarkan Sir Alex Ferguson kepada Ole Gunnar Soksjaer.