Liga Inggris

Bos Gillingham Pakai Taktik ala Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Elkan Baggott Clean Sheet Lagi

Rabu, 10 Agustus 2022 21:12 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Elkan Baggott loloskan Gillingham FC ke ronde dua Piala Liga Inggris dengan skema 3-5-2 yang cukup sering dipakai Shin Tae-yong di timnas Indonesia. Copyright: © PSSI
Elkan Baggott loloskan Gillingham FC ke ronde dua Piala Liga Inggris dengan skema 3-5-2 yang cukup sering dipakai Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Elkan Baggott sukses mengantarkan Gillingam FC ke ronde kedua Piala Liga Inggris (Carabao Cup) pada Rabu (10/08/22) usai gebuk AFC Wimbledon.

Keputusan pelatih Neil Harris memakai formasi tiga bek membuat bek timnas Indonesia berusia 19 tahun itu mampu melanjutkan start apiknya bersama klub baru.

Sejak datang dari Ipswich Town sebagai pemain pinjaman, Elkan selalu bermain sebagai starter di semua partai resmi Gillingham di 2022/2023 sejauh ini.

Biasanya ia dipasangkan dengan dengan Max Ehmer dalam formasi 4-2-3-1 termasuk dalam partai pekan perdana League Two yang kebetulan juga melawan Wimbledon.

Akan tetapi Harris membuat perubahan kala kembali menyambangi Cherry Red Records Stadium. Ia menggunakan skema 3-5-2 dengan menambahkan Will Wright sebagai tandem tambahan Elkan dan Ehmer.

Hasilnya memuaskan. The Gills sukses mengalahkan The Dons 2-0 dengan sepasang gol telat yang diciptakan Mikael Mardron dan Jordan Green di masa injury time.

Clean sheets alias nirbobol pun bisa diklaim oleh Gillingham. Ini adalah kali ketiga Elkan Baggott dan lini belakang sukses menjaga keperawanan gawang mereka musim ini.

Formasi tiga bek memang sangat cocok untuk Elkan karena pemain kelahiran Bangkok, Thailand, tersebut sudah biasa memainkannya bersama timnas Indonesia.

Layaknya Neil Harris, Shin Tae-yong juga memasangkan sebagai defender sentral sisi kiri untuk memaksimalkan kaki kidalnya.

Strategi tersebut sangat berguna untuk menghadapi lawan-lawan yang lebih superior ketimbang Tim Garuda. Contohnya saja di perhelatan kualifikasi Piala Asia 2023 lalu.